Athena (ANTARA News) - China dan Uni Eropa seharusnya bekerja sama untuk mereformasi dan menyusun sistem finansial dunia, kata Perdana Menteri China Wen Jiabao ,Sabtu selama kunjungannya ke Yunani.

"Saya pikir kami dapat, dalam suatu upaya bersama dengan Uni Eropa, mereformasi sistem keuangan dan memperkuat pengawasan mengenai sistem ini," kata Wen usai pembicaraan dengan Perdana Menteri Yunani Goerge Papandreou di Athena.

"Dengan upaya bersama ini, kami dapat mengatasi berbagai kesulitan kami saat ini dan meningkatkan hubungan China dengan Eropa," katanya.

"Bergandengan tangan, Uni Eropa dengan China dapat memperkuat kerja sama mereka menghadapi krisis ini," kata Wen.

Sementara itu, Perdana Menteri Yunani Papandreou mengatakan ia akan melakukan apa yang dapat ia lakukan untuk meningkatkan hubungan China dengan Eropa.

"Peranan China sangat penting dan kami akan berupaya mengarah ke kerja sama lebih dekat," tambahnya.

Athena merupakan tahapan pertama lawatan Wen selama tujuh hari ke Eropa, di mana akan ambil bagian dalam Pertemuan 48 negara Asia-Eropa (ASEM) di Brussels Senin dan Selasa mendatang serta menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) China dengan Uni Eropa pada Rabu (6/10).

Kunjungan Wen ke Eropa akan diakhiri dengan lawatan ke Italia dan Turki. Selain itu Wen juga akan menghadiri pertemuan puncak G20 di Korea Selatan pada awal November.

Kelompok 20 negara (G20) merupakan forum ekonomi global. Anggota G20 menyumbang 90 persen dari produksi ekonomi dunia dan 80 persen dari perdagangan global.(*)

AFP/S004/A011

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010