Manado (ANTARA News) - Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Manado menyatakan petunjuk teknis penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setempat akan diterima pada 7-8 Oktober 2010.

"Kami sudah mendapat informasi dari BKD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bahwa Juknis akan segera diserahkan, dan seluruh Kepala BKD diinstruksikan ke Jakarta," kata Kepala BKD Hans Tinangon di Manado, Selasa.

Tinangon menjelaskan, di Jakarta nanti mereka akan menerima pemberitahuan mengenai juknis tersebut kemudian kembali ke daerah untuk mengatur pelaksanaan penerimaan CPNS tersebut.

Setelah juknis diterima, pemerintah akan mengumumkan secara resmi pembukaan penerimaan CPNS, sehingga bisa diketahui publik dan tidak ada tudingan melakukan rekayasa.

Pernyataan Kepala BKD mendapatkan tanggapan dari masyarakat maupun para wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado karena berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

"Kami berharap begitu juknis diterima penerimaan CPNS bisa segera dilakukan, sebab masyarakat sebagian besar masih berharap bekerja sebagai PNS," kata Sekretaris Komisi D DPRD John Felix Iroth.

Iroth mengingatkan BKD dalam pelaksanaan penerimaannya dilakukan secara terbuka dan adil agar tidak ada masalah yang muncul karena hal ini akan merugikan masyarakat.

Karena itu dewan akan mengawasi secara ketat jalannya penerimaan CPNS agar tidak dijadikan sebagai ajang cari untung oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, tegas Iroth.

Sementara warga Manado yang menantikan pengumuman penerimaan CPNS secara resmi pada 2010 mengharapkan, kesematan ini jangan dimanfaatkan para pejabat untuk kolusi dan nepotisme.

"Kami berharap penerimaan CPNS transparan dan kompetitif, dan siapa yang berkualitas diterima bukan karena ada hubungan keluarga atau kekerabatan dan suap," kata Rozalie. (ANT-113/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010