Roma (ANTARA News) - Pelatih Italia Cesare Prandelli, Senin, menyampaikan keprihatinan akan kurangnya pemain muda berbakat di Italia dalam Liga Utama (Serie A).

"Kejuaraan ini kaya (dengan pemain-pemain bagus) tetapi miskin dengan apa yang saya cari," kata Prandelli, yang berbicara di pusat kepelatihan nasional Italia, Coverciano, dekat Florence, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Saya tidak kecewa, tetapi saya mengharapkan sedikit lebih banyak. Saya masih belum melihat pemain muda dengan potensi menjadi bintang. Saya berharap dalam lima atau enam bulan, kejuaraan ini akan menghasilkan pemain-pemain seperti itu untuk saya."

Kurangnya pilihan bagi Prandelli di lini belakang tampak ketiga ia memanggil pemain Milan berusia 33 tahun Gianluca Zambrotta, yang tidak pernah terpilih dalam tim Italia untuk dua pertandingan pertama kualifikasi Euro 2012.

"Ini bukan langkah mundur," jelas Prandelli.

"Proyek saya masih berjalan maju, tetapi jika saya tidak mendapat pemain muda menjanjikan, saya beradaptasi. Daripada memanggil pemain berusia 28 tahun dengan sedikit pengalaman internasional, saya memanggil Zambrotta, yang hampir 100 kali (97) memperkuat tim nasional, sedang dalam kondisi baik dan masih termotivasi."

Sementara itu, Prandelli menyatakan bahwa striker Fiorentina Alberto Gilardino dan pemain belakang Parma Luca Antonelli keduanya akan absen dalam pertandingan melawan Irlandia Utara dan Serbia karena cedera.

Gilardino (28), menderita masalah lutut kiri dan tidak akan diturunkan selama dua pekan, sementara pemain berusia 23 tahun Antonelli mengalami memar pada jari kaki.

Italia saat ini berada di posisi teratas Grup C kualifikasi Euro 2012 dengan enam poin.

Mereka akan menghadapi Irlandia Utara di Belfast pada 8 Oktober dan bertemu Serbia di Genoa empat hari kemudian.

Berikut susunan timnas Italia:

Penjaga gawang: Antonio Mirante (Parma), Salvatore Sirigu (Palermo), Emiliano Viviano (Bologna)

Pemain belakang: Cristian Molinaro (VfB Stuttgart), Leonardo Bonucci (Juventus), Cesare Bovo (Palermo), Mattia Cassani (Palermo), Giorgio Chiellini (Juventus), Daniele Gastaldello (Sampdoria), Criscito (Genoa), Gianluca Zambrotta (AC Milan)

Pemain tengah: Daniele De Rossi (Roma), Andrea Lazzari (Cagliari), Claudio Marchisio (Juventus), Angelo Palombo (Sampdoria), Andrea Pirlo (AC Milan), Stefano Mauri (Lazio), Simone Pepe (Juventus)

Pemain depan: Antonio Cassano (Sampdoria), Sergio Floccari (Lazio), Giampaolo Pazzini (Sampdoria), Giuseppe Rossi (Villarreal/ESP), Marco Borriello (AS Rome)
(F005/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010