Bolsel (ANTARA News) - Badan Penyuluh Pertanian Peternakan Perikanan dan Kelautan (BP4K) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara akan menggelar kegiatan Rembuk Tani, guna meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah itu.

"Untuk meningkatkan produksi pertanian, tentu petani butuh mendapatkan penyuluhan serta support anggaran dari pemerintah, sehingga dalam waktu dekat kami akan menggelar Rembuk Tani," kata Kepala BP4K Bolmut Ir Saeroji MSi, di Boroko, Rabu.

Menurut Saeroji, rembuk tani tersebut akan dilaksanakan di Kecamatan Pinogaluman dan jadwalnya disatukan. Dimana penyatuan jadwal penyuluhan tersebut yakni sistem penanaman padi dan tanaman pertanian lainnya.

Selain itu dalam acara Rembuk Tani tersebut, pemerintah juga akan membuka ruang diskusi soal keluhan para petani terkait dengan peningkatan produksi dan keluhan lain termasuk wilayah pertanian dan topangan anggaran yang bisa diberikan pemerintah.

"Agar pemerintah juga bisa mengetahui seperti apa kendala para petani di lapangan dan bisa dicarikan solusinya bisa, nah penting untuk melaksanakan rembuk tani," tutur Saeroji.

Menurut dia, kegiatan serupa ini secara bergilir akan dilaksanakan di tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bolmut. Dan agenda pertama ditetapkan di kecamatan Pinogaluman. (ANT-260/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010