Palembang (ANTARA News) - Seratus utusan kerajaan, kesultanan dan lembaga adat menyatakan akan mengikuti Festival Keraton Nusantara yang diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan, pada 26-28 November 2010, demikian Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, di Palembang, Kamis.

"Panitia mengundang 184 kerajaan, kesultanan dan lembaga adat nusantara, dan masih menunggu kepastian keikutsertaan undangan lain yang belum konfirmasi kehadiran," katanya.

Diperkirakan 84 kerajaan, kesultanan dan lembaga adat nusantara belum memastikan ikut serta dalam ajang dua tahunan itu, tambahnya.

Ia mengatakan, kegiatan pertemuan raja-raja dari berbagai daerah di Indonesia tersebut juga akan dihadiri undangan dari Kesultanan Sulu, Filipina.

Menurutnya, pimpinan kerajaan Sulu sudah menyatakan bersedia hadir dalam kegiatan itu.

Dia menjelaskan, rangkaian kegiatan festival keraton nusantara tersebut diantaranya pagelaran seni, pameran benda pusaka dan deklarasi persatuan tiga lembaga kerajaan dan kesultanan serta lembaga adat nusantara.

Selain itu, ajang tersebut juga menjadi wadah memantapkan pembentukan koperasi persaudaraan raja, sultan dan lembaga adat, serta mendorong tumbuhnya perekonomian warga setempat, katanya.(*)

ANT/M033/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010