Jakarta (ANTARA News) - Hewlett-Packard Co akan memperkenalkan ponsel pintarnya pada awal 2011 dengan menggunakan perangkat lunak webOS yang diakuisisinya dengan membeli Palm senilai 1,2 miliar dolar yang dibeli awal tahun ini, kata seorang pejabat senior HP mengatakan pada Rabu.

"Anda akan melihat kami datang awal tahun depan dengan ponsel baru," kata Wakil Presiden Senior Eric Cador dalam sebuah konferensi industri.

HP membeli Palm, satu pionir dalam perangkat genggam, untuk memasuki industri ponsel pintar yang tumbuh cepat dan untuk mendapatkan akses ke sistem operasi webOS Palm.

"Lebih penting lagi kami mengakuisisi WebOS," kata Cador dalam konferensi di Barcelona dikutip Reuters, menambah kekayaan intelektual Palm "sangat mendasar" dalam kesepakatan tersebut.

HP, perusahaan teknologi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan, sudah menjadi kekuatan yang dominan di PC, server, layanan dan printer. Namun tanpa penawaran jelas ponsel pintar, hal itu berisiko membuat HP tertinggal dalam pasar yang sedang meningkat dan menguntungkan, satu pesaingnya di AS dan di Asia terus berupaya masuk.

Pembuat PC Dell, Lenovo dan Acer terdorong terjun ke dalam bisnis ponsel pintar, yang menawarkan layanan canggih seperti video streaming, e-mail dan GPS di samping panggilan suara.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010