Jakarta (ANTARA News) - Dr Hamadoun Toure kembali terpilih sebagai Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) untuk periode 2010-2014.

Menkominfo Tifatul Sembiring yang berada di Guadalajara, Mexico, dalam pesan singkatnya kepada ANTARA, Jumat, menyebutkan, Hamadoun Toure, pria asal Mali, Afrika, menjadi calon tunggal dalam sidang ITU Plenipotentiary Conference 2010, Kamis (7/10) sekitar pukul 12.00 waktu Gualaraja, Mexico atau Jumat dinihari pukul 00.00 WIB.

Sementara itu, saat bersamaan Dr Haolin Zhao dari China juga terpilih sebagai Wakil Sekjen ITU periode 2010-2014.

Namun, karena hanya ada calon tunggal, maka voting dilakukan adalah untuk menghitung, berapa yang mendukung dan berapa yang abstain.

Dari hasil perhitungan Hamadoun memperoleh 151 suara dari total 192 anggota ITU.

ITU merupakan salah satu Badan PBB yg berwenang membuat regulasi dan lisensi di bidang telekomunikasi, seperti lisensi posisi satelit, frekuensi internasional, roaming internasional, dan standar-standar di bidang telekomunikasi.

Dalam sambutannya usai terpilih, Hamadoun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mendukungnya.

Hamadoun kembali menggaris bawahi visinya yaitu mewujudkan semua orang di Planet ini bisa akses dan `sharing` terhadap informasi.

Menkominfo RI Tifatul Sembiring, mengucapkan selamat dan menyambut baik visi Sekjen ITU ini karena sangat sejalan dengan rencana Indonesia untuk mewujudkan "Indonesia Connection" khususnya di bidang Informasi dan Komunikasi.
(S037/A041)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010