Jakarta (ANTARA News) - Sebuah laporan baru mengatakan Apple Inc bersiap-siap memproduksi model iPhone yang bekerja dengan jaringan seluler Verizon Wireless, meskipun tidak berarti produk itu muncul dengan jaringan operator AS tersebut dalam waktu dekat.

Telah lama diisukan bahwa Verizon Wireless akan mulai menjual iPhone. Namun Lowell McAdam, pemimpin Verizon Wireless, Rabu, meremehkan kemungkinan iPhone menggunakan jaringan 3G Verizon saat ini. Verizon mengharapkan jaringan Verizon yang terbaru, jaringan tercepat 4G, McAdam mengatakan pada konferensi nirkabel di San Francisco, menanggapi komentar CEO Apple September ini.

The Wall Street Journal, mengutip penjelasan Apple Inc yang mengatakan pada Rabu bahwa perusahaan akan mulai memproduksi massal iPhone yang bekerja pada jaringan CDMA, jenis yang digunakan oleh Verizon, sampai akhir tahun. Mereka baru mulai menjualnya awal tahun depan.

Namun belum Verizon Wireless. Sprint Nextel Corp menggunakan teknologi yang sama, seperti beberapa operator Cina dan Korea. Sprint dan Apple menolak berkomentar.

iPhone sekarang hanya bekerja pada jaringan GSM, termasuk jaringan operator eksklusif iPhone di AS, AT & T Inc.

The Journal juga mengatakan Apple sedang mengembangkan iPhone generasi kelima yang terlihat berbeda dari yang dijual hari ini. Desain iPhone terbaru dengan layar yang lebih kecil dan lebih besar dari model yang ada, juga telah lama dikabarkan. Apple telah merilis model tebaru setiap Juni.

Shaw Wu, seorang analis dari Kaufman Bros, menulis dalam sebuah catatan penelitian Rabu bahwa "dalam pemeriksaan kami dengan industri dan sumber rantai pasokan, kami telah melihat indikasi perkembangan dan kemajuan dari bentuk iPhone terbaru."

Saham Apple naik 25 sen ditutup Rabu pada 289,19 dolar.

Saham Verizon naik 28 sen menjadi 33,36 dolar, dan saham AT & T turun 32 sen menjadi 28,62 dolar, demikian laporan AP.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010