Praha (ANTARA News) - Skotlandia mengalami kekalahan pertama dalam kualifikasi Euro 2012 pada Jumat setelah gol Roman Hubnik memberi Republik Ceko kemenangan 1-0 di Praha.

Pelatih Craig Levein menurunkan formasi 4-6-0 tanpa penyerang utama ketika Skotlandia memilih bermain sangat hati-hati dengan lebih mementingkan tidak kebobolan daripada mencetak gol.

Pendekatan defensif itu tampaknya akan berhasil dalam usaha mereka meraih poin tandang, dengan menghalau gelombang serangan demi serangan sampai Hubnik akhirnya menyundulkan gol bagi tuan rumah pada menit ke-69.

"Kami bermain dengan sabar, dengan banyak usaha," kata pelatih Ceko Michal Bilek.

"Saya menghargai komitmen para pemain kami."

"Usaha dan tekad kami terbayar dengan gol, dan kami sangat gembira dengan hasil tiga poin dan dengan bagaimana para pemain menangani pertandingan di bawah tekanan."

Tim Skotlandia berusaha menyamakan kedudukan dengan mengirim pemain maju pada 20 menit terakhir namun gagal dan hasil tersebut memastikan mereka mengumpulkan empat poin setelah tiga pertandingan, dengan menyisakan pertandingan melawan juara dunia Spanyol pada Selasa.

"Saya senang dengan sistem yang saya mainkan dan saya kira berhasil dengan baik," kata Levein. "Pertandingan terbuka setelah kami melakukan pergantian tetapi begitu Anda tertinggal satu gol, segalanya berubah." (*)

AFP/F005/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010