Denpasar (ANTARA News) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu akan menyertai kunjungan kenegaraan Wakil Presiden Boediono ke China, 18 Oktober 2010.

"Salah satu agenda Wapres adalah membicarakan rencana Pemerintah China membantu mewujudkan Bali sebagai provinsi hijau dan bersih," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada simakerama dengan berbagai elemen masyarakat di wantilan DPRD Bali di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintah China selain memberikan bantuan juga akan ikut mencarikan dana internasional dalam mewujudkan Bali bersih dan hijau sesuai harapan masyarakat setempat maupun wisatawan mancanegara.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan dukungan terhadap komitmen berbagai elemen di Bali untuk mewujudkan daerah ini sebagai provinsi hijau dan bersih (Bali Green Province).

Selain dari Presiden, dukungan untuk menjadikan Bali yang bersih, sehat, indah, hijau dan lestari juga datang dari berbagai pihak, termasuk Direktur Regional UNEP di Bangkok.

Gubernur Pastika menyadari bahwa upaya mewujudkan Bali menjadi provinsi hijau dan bersih tidak mudah karena banyak kendala, hambatan dan tantangan.

Adanya komitmen yang tinggi, kerja keras dan konsistensi dari pimpinan daerah, pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga tokoh adat dan agama diharapkan hal itu bisa terealisasi dengan baik.

Bali provinsi hijau bukan program pemerintah provinsi semata, namun merupakan komitmen dan program seluruh masyarakat Bali untuk menjadikan Bali provinsi yang hijau dan bersih.

Bali Provinsi Hijau sejak dicanangkan oleh Kepala Negara bersamaan dengan pembukaan Konferensi UNEP di Nusa Dua akhir Februari lalu telah mendapat perhatian yang cukup luas di tingkat nasional maupun internasional.

Berbagai dukungan, masukan, saran, usul bahkan kritik datang dari berbagai pihak telah diterimanya dengan baik, sekaligus dijadikan bahan masukan dalam menyempurnakan pelaksanaan mewujudkan provinsi hijau.

Ia mengajak semua elemen di Bali untuk berperanserta secara aktif dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah ini.

Kondisi itu dapat lebih ditingkatkan di masa-masa mendatang untuk menjaga kelestarian lingkungan, karena dengan cara itu Bali yang maju, aman dan sejahtera dapat terwujud.

Ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian di wilayah lingkungannya masing-masing, lebih-lebih di kawasan suci.

Oleh sebab itu sampah, terutama plastik haru dapat ditangani secara tuntas dengan melibatkan seluruh peranserta masyarakat, ujar Bupati Mangku Pastika.(*)

I006/R007

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010