Padang (ANTARA News) - Kementerian BUMN tetap memprioritaskan bantuan terhadap daerah-daerah di Indonesia yang terkena bencana. "Kita tetap memprioritaskan bantuan terhadap daerah-daerah di Indonesia yang terkena bencana," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di Padang, Sabtu (9/10).

Menteri BUMN Mustafa Abubakar melakukan kunjungan untuk mengecek stok beras yang ada di gudang Bulog Sumbar.

Mustafa Abubakar menjelaskan, khusus daerah Wasior, Papua Barat, yang terkena banjir bandang, kita sudah menginstruksikan untuk segera untuk memberikan bantuan di daerah tersebut.

"Kita telah berkoordinasi berbagai sektor untuk segera memberikan bantuan secepatnya di daerah Wasior, Papua Barat, terkena banjir bandang," katanya.

Menurutnya, semua sarana dan prasaran di daerah Wasior, Papua Barat,yang terkena banjir bandang segera dibenahi secepatnya.

"Pasokan listrik segera di suplay oleh PLN, Bahan bakar minyak (BBM) secepatnya disalurkan oleh Pertamina, termasuk beras dari Bulog sendiri," katanya.

Pihak PLN diminta segera memperbaiki jaringan listrik agar bisa hidup, lanjut Mustafa Abubakar, di daerah Wasior yang terkena banjir bandang. "Hal ini dilakukan supaya geliat ekonomi masyarakat kembali bangkit," kata Mustafa Abubakar.

Dia menambahkan, untuk bantuan beras, pihak bulog sudah beberapa menyalurkan bantuan bagi daerah Wasior terkena bencana banjir bandang.

"Pada hari pertama terjadinya banjir bandang, beras Bulog telah disalurkan sebanyak 35 ton, kita berencana akan mengirimkan beras bulog sebanyak 50 hingga 60 ton lagi," katanya.

Dia mengatakan, pendistribusian beras oleh Bulog di daerah bencana lebih diutamakan lagi. Agar masyarakat tidak terancam kelaparan.

"Beberapa daerah-daerah rawan bencana suplay beras bulog agar diperbanyak untuk antisipasi pada bulan September hingga Desember diperkirakan terjadinya gelombang besar, menyebabkan terganggunya penyaluran beras," katanya.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010