Karawang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menguliahkan para guru pegawai negeri sipil yang belum sarjana, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

"Para guru pegawai negeri sipil (PNS) yang akan dikuliahkan dengan biayai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang ialah sebanyak 600 guru SD, 300 guru SLTP dan 26 guru SLTA," kata Bupati Karawang, Dadang S Muchtar, di Karawang, Minggu.

Dikatakannya, guru-guru PNS dari SD hingga SLTA itu akan dikuliahkan di Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika). Hal tersebut sesuai dengan program Unsika yang statusnya akan menjadi negeri dan tentu membutuhkan mahasiswa banyak.

Saat ini, katanya, para guru yang sarjana harus segera kuliah, karena Pemkab Karawang kini tengah mengembangkan mutu pendidikan dengan meningkatkan kualitas guru.

Menurut dia, secara umum permasalahan bidang pendidikan itu ada tiga, yakni infrastruktur sekolah, mahalnya biaya pendidikan, dan mutu tenaga pendidik.

Setelah diketahui tiga permasalahan dalam bidang pendidikan tersebut, kata bupati, pihaknya sudah melakukan pembangunan penambahan lokal sekolah dan menggratiskan dana sumbangan pendidikan dari SD-SLTA.

"Pada 2011 nanti, direncanakan dana DSP dan SPP akan gratis dari tingkat SD, SLTP dan SLTA," katanya.

Untuk mutu tenaga pendidik, kata Dadang, pihaknya akan menguliahkan para guru PNS yang belum sarjana, dari mulai guru SD-SLTA di Unsika.
(KR-MAK/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010