Padang (ANTARA News) - Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Minggu malam, akan mengumpulkan para pimpinan BUMN yang ada di Padang, di Wisma Indarung PT Semen Padang.

"Saya akan kumpulkan semua pimpinan cabang/perwakilan BUMN di Sumbar. Pada pertemuan ini juga diundang Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, dan para pejabat teras Pemprov Sumbar," kata Mustafa di Padang, Minggu.

Dia mengatakan, pertemuan itu dirancang dalam rangka menggalang kebersamaan antarsesama BUMN, dan meningkatkan kinerja serta memberi bantuan untuk kesejahteraan rakyat.

Dalam kerangka meningkatkan kebersamaan itu, kata Mustafa, sebelumnya telah dibentuk Forum Komunikasi BUMN dan Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN.

"IIP BUMN dan FK BUMN sejauh ini telah melakukan langkah bersama dalam kegiatan lingkungan, ekonomi pedesaan, pendidikan, dan kesehatan. Sehingga tugas-tugas yang dirasa berat bisa menjadi ringan," ujarnya.

Mustafa juga mengatakan IIP BUMN dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) bekerjasama dengan Universitas Andalas juga tengah mempersiapkan menjadikan Nagari Panyakalan di Kabupaten Solok sebagai "pilot project" Desa Sejahtera di Indonesia.

Kegiatan ini sebelumnya sudah dilakukan SIKIB di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada.

"Diharapkan kegiatan ini juga bisa sukses di Panyakalan dan bisa berkembang ke daerah-daerah lainnya di Sumbar," katanya.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar berkunjung ke Sumbar sejak Sabtu (9/10) hingga Minggu (11/10) . Pada Sabtu (9/10), Mustafa melakukan kunjungan ke Pelabuhan Teluk Bayur Padang untuk memantau pembongkaran beras stok Bulog.

Pada Minggunya, menteri berkunjung ke Solok untuk menyaksikan kegiatan bakti sosial IIP BUMN di Nagari Panyakalan di Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Sebelumnya, mentri BUMN juga berkunjung ke pabrik PT Semen Padang. (*)

(ANT-209/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010