Medan (ANTARA News) - Menteri Agama Suryadharma Ali menjamin, pelayanan jamaah haji yang berangkat ke Mekkah tahun 2010 ini semakin ditingkatkan, dan ini adalah bentuk kepedulian tinggi pemerintah kepada jamaah haji.

"Setiap pelaksanaan haji itu, kita terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada jamaah haji di tanah air," katanya ketika melepas 454 calon haji Kabupaten Labuhan Batu yang tergabung pada kelompok terbang (Kloter) I dari Sumatera Utara di Asrama Haji Pangkalan Masyur Medan, Senin.

Didampingi Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin dan Ketua MUI Sumut H.Abdullah Syah, menteri agama mengatakan, dengan memberikan pelayan yang terbaik itu, maka jamaah haji tersebut akan merasa puas dan senang.

Sehinggga jamaah haji tersebut akan merasa nyaman dalam melaksanakan ibadah haji selama di Tanah Suci.

"Pemberian pelayanan yang terbaik ini, terus ditingkatkan oleh Kementerian Agama, dibuktikan pada tahun ini maktab (pemondokan, red) bagi jamaah haji Indonesia sangat dekat dengan Masjidil Haram," kata Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Suryadharma mengatakan, pada tahun 2009, jarak terjauh pemondokan jamaah haji Indonesia dengan Masjidil Haram mencapai lebih kurang 7 Kilometer. Namun, tahun 2010 ini, jarak maktab itu hanya mencapai 4 Kilometer,dan kemajuan yang dicapai ini cukup signifikan.

"Pada pelaksanaan haji ke depan, kita harapkan pemondokan haji Indonesia semakin lebih dekat lagi, sehingga tidak perlu menggunakan transfortasi bisa untuk menuju Masjidil Haram," katanya.

Lebih jauh menteri agama mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan haji itu, Kemeterian Agama terus bekerja keras untuk berusaha memberikan yang terbaik.

"Saya terus memerintahkan kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji, seterusnya Kementerian Agama di Wilayah dan kabupaten/kota agar melayani jamaah haji dengan baik.Jangan sampai ada jamaah haji yang merasa kecewa, atau tidak dilayani," ujarnya.

Ia mengatakan, selain memerintahkan staf maupun bawahannya itu agar tetap melayani jamaah haji tersebut.Juga selalu "cerewet" dan tidak bosan-bosannya mengirimkan SMS agar jangan lupa melayani jamaah haji.

"Jamaah haji tersebut harus diberikan pelayanan yang memuaskan.Ini adalah tugas Kementerian Agama," kata menteri agama itu. (*)

ANT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010