Kotabaru (ANTARA News) - Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, H Irhami Ridjani, Selasa, menyatakan, perlu menggali pendapat dan keinginan masyarakat terkait wacana pemekaran Kabupaten Pamukan dan Provinsi Kalimantan Tenggara.

Menurut Bupati, wacana pemekaran Kabupaten Pamukan dan pembentukan Provinsi Kalimantan Tenggara sebuah keinginan adanya percepatan pemerataan pembangunan di daerah.

Mempercepat pemerataan pembangunan dapat ditempuh dengan cara, salah satunya pemekaran kabupaten dan provinsi.

"Oleh karena itu, sebelum rencana pemekaran kabupaten dan provinsi itu disiapkan lebih jauh, perlu ada sebuah penelitian semacam jajak pendapat apakah masyarakat benar-benar menginginkan atau tidak," ujar Bupati yang dibenarkan Wakil Bupati Rudy Suryana.

Sementara itu, keinginan membentuk Provinsi Kalimantan tenggara juga mendapat respon dari sebagian masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebagian warga menginginkan Provinsi Kalimantan Selatan seyogyanya mempersiapkan untuk pemekaran Provinsi Kalimantan Tenggara.

Sebelumnya, Bupati Kotabaru mengatakan, Provinsi Kalimantan Tenggara layak dibentuk, guna mempercepat pemerataan pembangunan daerah di daratan Kalimantan bagian tenggara.

Menurut dia, dengan empat kabupaten, yakni, Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan serta dua Kabupaten di Kalimantan Timur yakni, Kabupaten Paser dan Panajam dinilai telah mampu membentuk Provinsi Kalimantan Tenggara.

"Apalagi sejarah historisnya, empat kabupaten tersebut berinduk dari Kotabaru," katanya.

Sekitar 1959, Kotabaru memekarkan kabupaten baru, Kabupaten Paser, yang kini masuk Provinsi Kalimantan Timur.

Beberapa tahun kemudian, Kabupaten Paser memekarkan Kabupaten Panajam.

Sementara Kabupaten Kotabaru yang menjadi kabupaten induk pada 2003 kembali memekarkan Kabupaten Tanah Bumbu.

"Sangat wajar, jika empat kabupaten itu membentuk Provinsi Kalimantan Tenggara," ujarnya.

Terlebih Kabupaten Kotabaru berada di wilayah tenggara Kalsel yang jaraknya sekitar 350 km, begitu juga dengan Kabupaten Tanah Bumbu. Sedangkan Kabupaten Paser dan Panajam juga berada di wilayah paling selatan Provinsi Kaltim, dan dua kabupaten tersebut merupakan daerah perbatasan Kaltim dengan Kalsel.

Bupati menambahkan, bahkan untuk mendukung terbentuknya Provinsi Kalimantan Tenggara itu, Kabupaten Kotabaru yang masih memiliki wilayah sepertiga luas wilayah di Kalsel itu siap kembali memekarkan kabupaten baru, yakni, Kabupaten Pamukan.

"Jika memang diperlukan, persiapan untuk memekarkan Kabupaten Pamukan itu bisa disiapkan mulai saat ini," terangnya. (I022/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010