Jakarta (ANTARA) - Menjaga kesehatan dan imun tubuh seperti olahraga dan pola makan sehat kini menjadi salah satu bentuk usaha agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk COVID-19.

Di tengah pandemi yang belum juga usai, terdapat perubahan tren dan kebiasaan masyarakat ketika menjalani pola hidup sehat. Jika sebelumnya, olahraga identik dengan komunitas, kini hampir seluruh masyarakat melakukan olahraga di rumah dengan mengikuti video daring.

Baca juga: Gerakan olahraga yang bisa dilakukan pasien isolasi mandiri COVID-19

Salah satu publik figur yang kerap memberikan inspirasi dalam berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat adalah Nana Mirdad. Aktris yang kini menetap di Bali itu, mengatakan sudah sejak lama menyukai olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

"Olahraga favoritku adalah lari, dan aku selalu usahain berolahraga setiap hari at least satu jam atau dalam seminggu 4-5 kali. Aku beruntung memiliki lingkungan yang juga mendukung goals-ku dalam berolahraga, sehingga aku bisa menjalani rutinitasku dengan semakin semangat," ujar Nana dalam keterangan resminya dikutip pada Jumat.

Selama menjalani pola hidup sehat, Nana mengaku selalu memotivasi diri agar tidak mudah merasa bosan atau menyerah. Dia pun membagikan beberapa tips agar masyarakat selalu semangat untuk berolahraga di rumah.

Baca juga: Lebih banyak langkah tiap hari dapat perpanjang usia

Mengunduh aplikasi olahraga
Saat ini, masyarakat sangat dimudahkan dengan adanya teknologi dan koneksi internet yang dapat diakses dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendukung gaya hidup sehat yaitu berolahraga rutin dari rumah melalui aplikasi di ponsel pintar.

Nana merekomendasikan bagi para pemula untuk mengunduh aplikasi olahraga, agar olahraga dapat dilakukan dengan rutin, terjadwal dan terdapat pengingat dari aplikasi.

Ikuti influencer favorit
Mengikuti perjalanan olahraga dan gaya hidup sehat idola memang dapat memberikan motivasi, hal ini ternyata juga dilakukan oleh Nana. Dia ngaku hingga sekarang masih sering mengeksplorasi olahraga apa yang sekiranya dapat diikuti setiap hari dari rumah agar tidak bosan.

Jangan berharap hasil instan
Rasa bosan berolahraga pasti akan berdatangan dan dialami semua orang. Salah satu cara untuk menghindari rasa bosan ini adalah menjadikan olahraga sebagai aktivitas yang konsisten walau dengan kapasitas ringan, dan tidak berharap hasil yang cepat.

"Karena ketika kita memaksakan untuk berolahraga dengan kapasitas yang berat dengan harapan menghasilkan sesuatu yang cepat, kita lebih mudah merasa bosan dalam melakukannya dan burn out jika hasil tidak sesuai dengan harapan," kata Nana.

Menggunakan baju olahraga
Anda bisa memperkuat komitmen untuk berolahraga dengan menggunakan pakaian olahraga sejak bangun pagi. Nana mengaku cara ini cukup ampuh dan efektif untuk membuat seseorang konsisten berolahraga, karena akan terasa terbebani jika tidak berolahraga.



Baca juga: Nana Mirdad: madu boosting tidur lebih nyenyak

Baca juga: Rahasia Nana Mirdad atasi jerawat

Baca juga: Nana Mirdad ingin punya rumah di Selandia Baru

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021