Yogyakarta (ANTARA News) - Mahasiswa cenderung mencari informasi beasiswa untuk menempuh pendidikan di luar negeri melalui internet, karena informasi mengenai hal itu dari universitas masih sangat kurang, kata Kepala Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Sugeng Riyanto.

"Padahal, kebutuhan informasi tersebut sebenarnya perlu diperoleh sejak dini, sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan segala sesuatunya jauh lebih matang," katanya usai menerima kunjungan dan promosi pendidikan Southern Taiwan University di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Kamis.

Menurut dia, kunjungan itu akan merangsang para mahasiswa untuk mengetahui lebih banyak informasi dan kesempatan dalam mengenyam pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri. Kunjungan itu diharapkan juga dapat membuka cakrawala mahasiswa.

"Melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi di luar negeri merupakan suatu hal yang diimpikan setiap mahasiswa, terutama jika diraih berdasarkan prestasi akademik. Beasiswa yang diperoleh akan meringankan beban orang tua dan menjadi kebanggaan bagi universitas tempat mahasiswa tersebut belajar," katanya.

Berkaitan dengan hal itu, menurut dia, ke depan diharapkan ada mahasiswa UMY yang melanjutkan pendidikan di Southern Taiwan University sebagai tindak lanjut dari kunjungan tersebut.

"Kami juga berharap kunjungan ini akan diikuti kunjungan berikutnya untuk merealisasikan kerja sama di bidang pendidikan serta pertukaran dosen dan mahasiswa yang menguntungkan kedua universitas," katanya.

Koordinator Divisi Student Affairs, Office of International Affairs Southern Taiwan University, Betsy Wen mengatakan kunjungan untuk pertama kalinya ke UMY itu memang untuk memperkenalkan program-program pendidikan lanjutan kepada mahasiswa UMY.

"Program `Menchanical Engineering` dan `International Master of Bussiness Administration` sebagai program pendidikan yang menjadi prioritas untuk diperkenalkan," katanya.

Menurut dia, Southern Taiwan University merupakan universitas teknik dan kejuruan dengan peringkat terbaik dalam akreditasi yang dilakukan Departemen Pendidikan Taiwan pada 2009.

"Kami mengunjungi UMY di sela penyelenggaraan program promosi pendidikan `Taiwan Education Fair` di Yogyakarta bersama 20 universitas Taiwan lainnya," katanya.(*)

(U.B015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010