Kita lebih aman di sini, tanpa orang lain yang mengganggu. Ini ide yang bagus.
Arroyomolinos (ANTARA) - Mendinginkan tubuh di pertengahan Juli yang terik di Spanyol tengah tak lagi harus memiliki kolam sendiri, atau mengambil risiko tertular COVID-19 di fasilitas renang publik yang penuh sesak, kata Aura Cenet.

Pramusaji berusia 21 tahun asal Madrid itu dan tiga temannya menyewa kolam renang pribadi di sebuah rumah di Arroyomolinos, kota berjarak 28 km dari ibu kota Spanyol, lewat aplikasi Swimmy.

"Kita lebih aman di sini, tanpa orang lain yang mengganggu. Ini ide yang bagus. Saya tak berpikir akan kembali lagi ke kolam renang umum di kota," kata Cenet sambil bersantai di kolam itu.

Pandemi telah mengangkat bisnis seperti pembuatan dan pemeliharaan kolam renang pribadi ketika banyak orang menghindari kolam untuk umum dan pantai.

Fluidra, perusahaan pembuat perlengkapan kolam renang terbesar di dunia, pada Mei membukukan keuntungan 40 kali lipat. Perusahaan Spanyol itu mengatakan permintaan kolam renang di perumahan kemungkinan akan tetap besar.

Para pemilik kolam yang menggunakan aplikasi Swimmy bisa menghasilkan 1.200 euro (sekitar Rp20,5 juta) per bulan dari penyewaan kolam renang mereka, kata Estefania Leiva, direktur komunikasi di kantor cabang Swimmy di Spanyol. Swimmy didirikan pada 2017 di Prancis.

Tarif sewa di daerah Madrid umumnya berkisar 12-30 euro per orang untuk setengah hari.

"Meskipun pembatasan (COVID-19) telah dilonggarkan tahun ini, pada Mei dan Juni jumlah pemesanan yang kami terima naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu," kata Leiva.

Lonjakan baru kasus infeksi bulan ini telah memaksa sejumlah wilayah untuk memberlakukan pembatasan dalam beberapa pekan terakhir.

Dia menambahkan ada 150.000 pengguna aplikasi yang bisa memilih di antara 3.500 kolam renang pribadi di Spanyol dan Prancis. Swimmy juga beroperasi di Italia, Jerman, dan Amerika Serikat.

Vanessa Ghirardato, pemilik kolam yang disewa Cenet dan kawan-kawannya, mulai menggunakan aplikasi itu tahun lalu.

"Saya jarang menikmati kolam renang... jadi jika saya hanya menggunakannya beberapa jam, saya ingin orang lain untuk juga menikmatinya dan uang pun mengalir karena kolam renang semacam ini mahal biaya pemeliharannya," kata Ghirardato.

Sumber: Reuters

Baca juga: Menkes: Vaksinasi perlambat penyebaran infeksi COVID di Spanyol

Baca juga: Jerman tetapkan Spanyol wilayah berisiko COVID-19

Baca juga: Spanyol buka kembali pelabuhan kapal pesiar mulai 7 Juni


 

Kebakaran hutan di Costa Brava Spanyol memaksa ratusan orang mengungsi

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021