Samarinda (ANTARA News) - Tunggal putra Pelatnas Dionysius Hayom Rumbaka bertemu idolanya Taufik Hidayat pada final Indonesia Terbuka Grand Prix Gold 2010.

Hayom yang menjadi unggulan kelima maju ke partai perebutan gelar setelah mengalahkan pemain Malaysia Daren Liew 21-13, 21-11 pada semifinal di Stadion Palaran, Samarinda, Sabtu.

Pada final turnamen berhadiah total 120.000 dolar AS itu, Hayom akan melawan Taufik Hidayat yang mengalahkan pemain PB Djarum Kudus Andre Kurniawan melalui pertarungan tiga 21-9, 19-21, 21-15.

"Betul (mengidolakan Taufik). Ini juga kesempatan saya menjajal pemain dunia," kata Hayom soal pertemuannya dengan Taufik pada Minggu (17/10).

Hayom yang pernah kalah dari Taufik di Taiwan GP Gold 2009 bertekad akan bermain sebaik-baiknya. "Masalah strategi nanti lihat di lapangan, yang jelas saya akan berusaha untuk menang," katanya.

Pertandingan terakhir pada semifinal Sabtu, antara Taufik dan Andre menyuguhkan atraksi menarik saat Taufik menampilkan kemampuannya untuk merebut game pertama 21-9 hanya dalam 13 menit.

Namun Andre yang sempat berganti sepatu pada awal game kedua, meningkatkan permainannya untuk merebut game 21-19. Namun Taufik yang akhirnya keluar sebagai pemenang setelah bermain selama 56 menit.

Pertemuan Taufik-Hayom memastikan tuan rumah Indonesia meraih tiga gelar melalui final sesama pemain Merah Putih.

Selain pada tunggal putra, Indonesia juga sudah memastikan gelar ganda putra dan campuran melalui pertemuan antara Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama dengan Bona Septano/Mohammad Ahsan, serta Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan Markis Kido/Lita Nurlita.(*)

F005/R014

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010