Tim Community Development Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi erat dengan setiap kantor kecamatan untuk menyalurkan bantuan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah...
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) memberikan dukungan bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri COVID-19 di rumah dengan menyalurkan sejumlah paket bantuan.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan berkoordinasi erat dengan masing-masing kantor kecamatan untuk menyalurkan bantuan tersebut.

“Tim Community Development Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi erat dengan setiap kantor kecamatan untuk menyalurkan bantuan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Kami berharap bantuan ini dapat mendukung proses penyembuhan,” kata Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Vaksinasi penumpang pesawat di Bandara AP II mencapai 40.000 orang

Ia menjelaskan dukungan tersebut diberikan antara lain oleh Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung).

Bandara Soekarno-Hatta menyalurkan bantuan bagi pasien Covid-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah, di tujuh kecamatan yaitu Benda, Neglasari, Batu Ceper, Tangerang, Karawaci, Kosambi dan Teluk Naga.

Muhammad Awaluddin menyebutkan total bantuan yang sudah disalurkan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 di tujuh kecamatan sekitar Bandara Soekarno-Hatta terdiri dari 9 item yakni susu (140 karton), 3 jenis vitamin (35 boks), hand glove (35 boks), masker (280 boks), disinfektan (35 jerigen), hand sanitizer (35 jerigen), dan face shield (70 pcs).

Pada minggu terakhir Juli 2021, Bandara Soekarno-Hatta menggelar program 1.000 paket dukungan untuk isolasi mandiri Covid-19. Sebanyak 1.000 paket itu terdiri dari 1.000 pcs madu, 1.000 pcs susu UHT dan 1.000 pcs multivitamin.

Baca juga: Bandara AP II batasi orang asing masuk Indonesia

Sementara itu, dukungan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri juga dilakukan oleh AP II di Bandung, di mana Bandara Husein Sastranegara mendukung penuh Forum Bandung Berakhlak yang pada 10 - 14 Juli 2021 menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji, vitamin, dan APD kepada pasien Covid-19 di Bandung Raya yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Forum Bandung Berakhlak yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat itu mendirikan posko dan dapur umum di Bandara Husein Sastranegara pada 10 - 14 Juli 2021.

“Kami berharap bantuan dan dukungan bandara-bandara AP II bisa semakin luas dalam menjangkau warga yang membutuhkan, sebagai bagian dari upaya kami untuk turut dalam mendukung penanganan Covid-19,” ujar Muhammad Awaluddin.

AP II  ditunjuk Kementerian BUMN sebagai Koordinator Wilayah Satgas Bencana Nasional Provinsi Banten.

Sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di Banten, program yang telah dijalankan AP II antara lain penyaluran bantuan alat pelindung diri (APD), obat-obatan, vitamin, sembako, ambulans, mendukung isolasi mandiri warga, serta turut dalam penanganan di lokasi bencana alam seperti yang telah dilakukan tim relawan AP II Peduli di Serang, Lebak, Kota dan Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Perseroan juga menggandeng berbagai pihak, antara lain PMI untuk melaksanakan donor plasma darah di Tangerang Februari 2021.

Ia mengungkapkan saat ini fokus AP II dan institusi lainnya adalah mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 yang dicanangkan pemerintah.

AP II membuka sentra vaksinasi di 18 bandara sejak 3 Juli 2021 untuk mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 15/2021 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 53/2021.

Sentra vaksinasi tersebut didukung penuh oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Pemprov, Pemda, TNI/Polri, dan instansi lainnya untuk memberikan vaksinasi bagi penumpang pesawat.

Total, jumlah calon penumpang pesawat yang telah menjalani vaksinasi di 18 bandara AP II mencapai lebih dari 50.000 orang calon penumpang pesawat, di mana yang terbanyak di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 30.000 orang calon penumpang pesawat.

“Sentra vaksinasi di bandara AP II untuk mendukung protokol kesehatan di sektor penerbangan. Selain itu, kami juga berkomitmen bahwa sentra vaksinasi ini akan terus dioperasikan secara permanen untuk membantu penanganan Covid-19 dan mendukung percepatan program vaksinasi nasional untuk mewujudkan herd immunity di tengah pandemi,” jelas Muhammad Awaluddin.

AP II juga telah beberapa kali berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghadirkan sentra vaksinasi bagi masyarakat umum, seperti yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, di mana telah digelar program vaksinasi bersama TNI AU dan juga bersama Kementerian Kesehatan dan Traveloka.

“AP II sangat mendukung berbagai program vaksinasi. Apabila ada kesempatan, bandara-bandara AP II pasti menyambut baik dan berkomitmen untuk bisa turut terlibat dalam program vaksinasi bagi seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021