Jakarta (ANTARA News) - Puncak acara Festival Perdamaian Dunia yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, oleh GPF Foundation Indonesia dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama serta sejumlah pihak, dihadiri ribuan orang.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, pendiri Global Peace Festival Foundation Hung Jim Moon, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Menakertrans Muhaimin Iskandar, seratus peserta Global Peace Leadership Conference dari 17 negara, dan para tokoh lintas agama menghadiri acara ini.

Beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia, Universitas Nasional, Universitas Guna Darma, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Kristen Indonesia, President University, London School, dan Budi Luhur pun terlibat aktif dalam acara tersebut.

PBNU sendiri mengerahkan seluruh badan otonomnya, seperti IPNU, IPPNU, Fatayat NU, Muslimat NU, Pagar Nusa, Ansor NU dan lainnya.

Mereka menyerukan pentingnya perdamaian yang belakangan ini terus menghadapi tantangan.

Mereka juga menyerahkan dana yang berhasil dihimpun dari program "power of rupiah" oleh panitia kepada PBNU untuk kelompok masyarakat miskin dan anak tak mampu sekolah.

Acara puncak GPF juga dimeriahkan dengan pentas seni yang mewakili tradisi Indonesia, seperti Tari Saman, Barongsai, Soreang yang merupakan tradisi masyarakat lereng Merbabu, lagu-lagu daerah dan lainnya.

Sejumlah artis seperti Harvey Malaiholo, Mike Mohede, Rossa, Evelyn Young, Sarwana, serta Slank pun turut ambil bagian.(*)

S024/Z002/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010