BANGKOK, Thailand, 19 Oktober (ANTARA/InfoQuest-AsiaNet) -- Kebijakan Thailand mengenai liberalisasi pendidikan pada tahun 1990-an telah mendorong pengembangan dan perluasan pesat dalam jumlah lembaga pendidikan internasional di Kerajaan itu. Dewasa ini, terdapat lebih dari 400 sekolah internasional dan lembaga pendidikan tinggi di Bangkok dan kota-kota besar lain di Thailand, di samping program studi berbasis bahasa Inggris yang saat ini tersedia di sebagian besar sekolah serta perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh negeri.

     Pemilihan program studi hampir tak terbatas, sehingga menyederhanakan para siswa dan orang tua yang bersangkutan untuk memilih program yang diinginkan. Juga, standar hidup yang nyaman dan fasilitas modern yang tersedia telah menarik lebih banyak lagi siswa dari luar negeri untuk belajar di negara ini, karena biaya belajar di sini jauh lebih rendah dibandingkan di kebanyakan negara lain.

     Thailand International Education Expo 2010 (TIEE 2010) yang berlangsung di Queen Sirikit National Convention Center di Bangkok mulai 19-21 November 2010 akan menjadi gelaran terbesar dan terlengkap dalam pendidikan internasional di Thailand. Pameran ini, yang diselenggarakan oleh Departemen Promosi Ekspor (DEP), Kementerian Perdagangan di bawah tema "Pusat Pembelajaran ASEAN, Jantung Jaringan Global," akan menampilkan lebih dari 200 gerai pameran yang menawarkan pilihan pendidikan terluas mulai dari jenjang sekolah dasar sampai universitas. Ini mencakup pemilihan sekitar 900 program studi, kursus kejuruan dan kursus singkat populer seperti Thai boxing, masakan Thailand, pijat tradisional, dan bahkan latihan terbang. Kursus bahasa khusus seperti bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Jerman dan Spanyol juga disoroti, bersama dengan banyak bidang yang terkait dengan pendidikan termasuk perangkat lunak komputer, mainan dan bahan-bahan pendidikan.

     Gelaran tahun lalu menarik lebih dari 9.000 pengunjung setempat dan asing. Pameran pendidikan tiga hari mendatang ini pasti akan menarik lebih dari 10.000 orang, khususnya kelompok target siswa, orangtua dan wakil akademik.

     TIEE 2010 juga memberi peluang hebat bagi beasiswa dan pinjaman siswa, bimbingan dan konseling serta informasi lengkap tentang pertanggungan asuransi, asrama dan penginapan. Selain itu, akan ada lokakarya, seminar dan diskusi terkait dengan pendidikan. Dengan banyak permainan dan kontes, hadiah, bingkisan dan cinderamata berlimpah, TIEE 2010 berjanji menjadi pengalaman pendidikan tak seperti yang lain di seluruh Asia Tenggara.

     Untuk keterangan tambahan, silakan hubungi Kantor Aktivitas Promosi Ekspor DEP di +66 (0) 2507-8387 atau kunjungi www.thaitradefair.com

     SUMBER: Departemen Promosi Ekspor

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010