London (ANTARA News) - KJRI Frankfurt menyerahkan sebanyak 217 buku mengenai Indonesia untuk perpustakaan Universitas JW Goethe, yang diterima Kepala Jurusan Asia Tenggara, Prof Dr Arndt Graf dan para dosen kajian wilayah Asia Tenggara.

Kepala Jurusan Asia Tenggara, Prof Dr Arndt Graf merasa gembira karena mendapatkan sumbangan buku mengenai Indonesia, demikian keterangan fungsi Pensosbud KJRI Frankfurt, Ernest Hadinoto kepada koresponden Antara London, Rabu.

Prof Dr Arndt Graf dan para dosen kajian wilayah Asia Tenggara menilai sumbangan buku ini sangat penting bagi universitas tersebut mengingat penambahan buku baru dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan penelitian tentang Indonesia dan perkembangannya.

Sumbangan sebanyak 217 buku itu diserahkan Konsul Jenderal RI Damos Dumoli Agusman kepada Prof. Dr. Arndt Graf dihadapan para dosen jurusan kajian Asia Tenggara dan puluhan mahasiswa baru yang akan mengambil studi kajian mengenai Indonesia,

Pada kesempatan tersebut, Konjen Damos Dumoli Agusman menyatakan, Indonesia merupakan negara yang memiliki karakteristik yang unik yang dapat menjadi perhatian kalangan akademis.

Dikatakannya Indonesia merupakan negara yang bertransformasi menjadi negara demokrasi, penuh keragaman dengan puluhan kelompok etnis dan ratusan bahasa daerah memiliki pengalaman dalam berintegrasi yang menjadi isu yang sedang mengemuka di Eropa Barat termasuk Jerman.

Diharapkan kerja sama ini terus berlanjut dengan sumbangan buku-buku hasil karya para cendekiawan dan sastrawan Indonesia.

Konjen Damos Dumoli Agusman juga mengusulkan diadakannya pertemuan Focus Group Discussion tentang Indonesia serta kunjungan reguler cendekiawan dan politisi dari Indonesia ke Universitas J.W. Goethe untuk dapat saling bertukar pikiran dan memberikan informasi tentang Indonesia.

Perpustakaan Jurusan Asia Tenggara mempunyai koleksi buku kuno mengenai budaya Indonesia yang disimpan dalam ruang khusus perpustakaan dari abad 16 dan abad 18, khususnya mengenai candi borobudur, seni wayang dan perkembangan budaya serta bahasa Indonesia.(*)
(ZG/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010