PBB (ANTARA News/AFP) - Sekjen PBB Ban Ki-moon akan mengunjungi China dan menghadiri pertemuan puncak Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam lawatan ke Asia yang akan dimulai pada 26 Oktober.

Ban akan pergi ke Thailand, Kamboja, Vietnam dan China dalam lawatan itu, demikian kata jurubicara sekjen PBB Farhan Haq pada konferensi pers singkat, Selasa.

Pemimpin PBB itu akan menghadiri pertemuan puncak ASEAN-PBB di Vietnam sebelum pertemuan penting dengan Presiden Hu Jintao dan pemimpin senior lainnya, ia menambahkan.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan Ban akan berada di negara itu dari 30 Oktober hingga 3 November.

Sementara di China, Ban akan pergi ke Beijing, Nnajing dan Shanghai, tempat ia akan menghadiri penutupan World Expo. Itu akan menjadi kunjungan keempatnya ke China sejak mengambilalih jabatan sebagai sekjen PBB. Ia sebelumnya telah ke negara itu pada Juli 2009 dan dua kali pada 2008.

Haq mengatakan lawatan itu akan dimulai di Bangkok tempat sekjen PBB akan bertemu dengan perdana menteri Thailand dan pemimpin pemerintah lainnya. Di Kamboja ia akan bertemu dengan raja dan perdana menteri, jelas Haq.

Ban akan pergi dari sana ke Vietnam untuk menghadiri pertemuan puncak ASEAN dengan PBB dan untuk menemui presiden negara itu serta pemimpin penting lainnya.

(Uu.S008/B002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010