Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya bersiap menghadapi unjuk rasa yang rencananya akan dilakukan di depan Istana Merdeka Jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat.

Pada Rabu pukul 08.30 WIB petugas dari satuan Brimob sedang menerima briefing dan beberapa anggotanya membawa pelontar gas air mata. Satu kendaraan meriam air (water canon) bersiaga. Di depan pagar istana telah dipasang kawat berduri.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kelompok pengunjuk rasa yang datang di depan Istana. Lalu lintas normal dan tidak ada pengalihan arus.

Berdasarkan keterangan dari Traffic Information Center Polda Metro Jaya, pada hari Rabu akan terjadi lebih dari 10 unjuk rasa di ibukota. Sebagian besar unjuk rasa tersebut terkait satu tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono pada 20 Oktober 2010.

Polda Metro Jaya menyebutkan lokasi unjuk rasa adalah Istana Negara Jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat serta Bundaran HI.

"Selain 2 lokasi tersebut diatas, tempat lainnya yang akan kedatangan para pengunjuk rasa antara lain Kantor Wapres Jalan Merdeka Selatan. Aksi dijadwalkan akan berlangsung hingga sore hari pukul 16.00 WIB," tulis TIC Polda Metro Jaya.

Unjuk rasa lain akan terjadi di depan Kantor Menakertrans Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan. Massa akan melanjutkan aksinya ke Bundaran HI, Depan Kedubes Korsel Jalan MH. Thamrin, Kedubes Jepang, Patung Kuda Jalan Merdeka Barat dan Istana Negara Jalan Merdeka Utara.

Para pendemo juga berencana mendatangi Kantor Mahkamah Agung Jalan Merdeka Utara, Jakpus pukul 10.00 WIB, aksi akan dilanjutkan ke depan Istana Negara.

Pada iwaktu yang hampir bersamaan, 3 aksi demo lainnya juga akan berlangsung yaitu di Kantor Disnakertrans DKI Jakarta Jalan Prapatan 52. Jakarta Pusat, Jalan Baru Petronas, Lenteng Agung Jakarta Selatan dan Depan Gedung Joeang 45 Jalan Menteng Raya Jakarta Pusat. massa akan lanjut bergerak ke Bundaran HI dan Gedung DPR/MPR.

Depan Bioskop Megaria Menteng Jakpus juga akan menjadi lokasi demo pada hari ini pukul 09.00 WIB.

Pukul 11.00 WIB aksi unjuk rasa digelar di depan Kantor LBH Jakarta, Jalan Kimia Jakarta Pusat. Kantor KPK juga tak ketinggalan dari sasaran pendemo. Massa direncanakan memulai orasinya pada pukul 13.00 WIB.

Kantor KPU Depok kembali akan kedatangan pengunjuk rasa hari ini pada pukul 10.00 WIB.

TIC Polda Metro Jaya juga menyebutkan bahwa memasuki sore hari sekitar pukul 16.00 WIB unjuk rasa juga akan masih terjadi. Lokasi yang akan menjadi tempat unjuk rasa adalah Central Park Ballroom Jalan Letjen S. Parman Jakbar.
(Ber/A038/BRT)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010