Jakarta (ANTARA) - Direktur Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd mengatakan bahwa olahraga merupakan satu satu elemen penting untuk penanaman nilai-nilai karakter pada usia SD maupun jenjang pendidikan lanjutan.

Sri mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi orangtua saat pandemi COVID-19 adalah bagaimana memotivasi anak agar rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik selama masa belajar dari rumah.

"Untuk itu diperlukan peran semua pihak dalam mencari solusi agar anak dapat terus bergerak aktif ketika melakukan aktivitas belajar dari rumah, mengingat olahraga bagi kesehatan tubuh sangat baik dalam membangun pendidikan karakter anak," ujar Sri dalam peluncuran virtual "MILO Activ Academy" pada Rabu.

Baca juga: Bebas bermain bikin anak lebih berkembang

Dari olahraga anak bisa belajar tentang semangat sportivitas, pantang menyerah serta dapat membangun kemandirian sehingga mampu menyiapkan anak Indonesia yang berkarakter tangguh.

Sri mendorong para orangtua untuk memberikan wadah aktivitas fisik yang tepat bagi anak sekaligus terus memerhatikan pemenuhan gizi seimbang agar anak dapat aktif dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

"Ini menjadi penting mengingat anak-anak usia pendidikan rendah, PAUD, SD dengan pola gaya hidup yang sekarang ini sulit untuk kita penuhi karena kebiasaan anak-anak kita yang sudah terpengaruh oleh budaya praktis, lebih menggemari makanan-makanan siap saji karena terjamin rasa sesuai dengan selera anak-anak kita," kata Sri.

Orangtua dinilai perlu memahami pentingnya memberikan gizi seimbang pada anak untuk menghindari masalah kesehatan di kemudian hari. Menurut Sri, anak yang sehat dan aktif akan memiliki sikap kreatif, inovatif serta mental mandiri di masa depan.

"Mari kita dorong agar anak-anak punya mental yang mandiri, kreatif dan tetap memiliki karakter yang baik. Ini akan menjadi modal untuk beradaptasi dengan kondisi apa pun yang dihadapi," ujar Sri.

Baca juga: Lima aktivitas seru untuk temani anak di masa pandemi

Baca juga: Aktivitas fisik anak sangat penting saat pandemi COVID-19

Baca juga: Rekomendasi aktivitas fisik anak , termasuk saat akhir pekan

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021