Pasir Pengaraian, Riau (ANTARA News) - Seorang calon haji asal Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, terpaksa diturunkan dari pesawat dan batal berangkat ke Tanah Suci karena sakit.

"Memang awalnya dia sudah tahu jika kondisinya sakit, tapi semangatnya tinggi, ternyata sudah di dalam pesawat tidak tahan lagi akhirnya diturunkan dari pesawat dan batal berangkat," kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan, saat dihubungi via telefon dari Pasir Pengaraian, Kamis.

Dia menjelaskan, salah satu calhaj yang batal berangkat itu bernama sobirin, calon haji asal Kecamatan IV Koto yang diduga menderita sakit jantung.

"Seharusnya Sobirin diberangkatkan bersama calhaj lainya pukul 14.00 Waktu Indonesia Barat (Wib) tadi," ujarnya.

Katanya, akhirnya Sobirin itu langsung dibawa ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Pasir Pengaraian untuk mendapat perawatan.

"Dalam penerbangan dari bandara Tuanku Tambuasai Rohul menuju Embarkasi Batam sejak dua hari terakhir sudah terdapat tiga calhaj yang batal berangkat karena mendadak sakit, termasuk Sobirin," terangnya.

Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, ketiga calhaj yang batal berangkat itu akan diperioritaskan pada pemberangkatan 2011 mendatang, karena mereka tidak meminta pengembalian Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) yang telah dilunasinya.

Lanjut dia, saat ini seluruh calhaj Rohul sudah berada di asrama haji, Batam, dan sedang beristirahat. Kemudaian nanti malam akan dilakukan pembagian paspor karena Jum`at padi pukul 10.00 wib akan diberangkatkan.

Rencananya calhaj Rohul yang akan diberangkatkan ketanah suci sebanyak 532 orang, tapi karena tiga orang lainnya batal maka hanya tinggal 529 orang.

"Kita berharap seluruh calhaj yang akan diberangkatkan besok pagi dalam keadaan sehat wal afiat hingga selesai menuniakan ibadah haji dan kembali ke-Rohul," ujarnya.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010