Kementerian Sosial cairkan dana tali asih untuk 26.050 anggota Tagana

Kementerian Sosial cairkan dana tali asih untuk 26.050 anggota Tagana

Anggota Tagana menyiapkan makanan untuk warga yang terdampak COVID-19 di Dapur Umum Posko Tagana Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (3/6/2021). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial telah mencairkan dana tali asih untuk 26.050 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) aktif dengan nilai total Rp42,9 miliar.

“Tali asih ini diberikan kepada 26.050 orang. Mereka adalah Tagana aktif yang diusulkan by name by address (berdasar nama dan alamat) oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi dan telah melalui penilaian berjenjang mulai dari Dinas Sosial kabupaten/kota,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Kamis.

“Masing-masing Tagana mendapatkan tali asih Rp1.500.000 untuk enam bulan ditambah dengan insentif sebesar Rp150.000, jadi totalnya setiap Tagana mendapat Rp1.650.000," kata Risma.

Ia menyatakan bahwa tali asih hanya diberikan kepada anggota Tagana yang aktif bekerja di lapangan. Personel yang terdaftar sebagai anggota Tagana tetapi tidak pernah ke lapangan tidak akan mendapat dana tali asih.

Risma berharap pemberian tali asih bisa meningkatkan motivasi dan kesiagaan relawan Tagana yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dalam membantu penanganan dampak bencana.

Tagana mencakup relawan sosial terlatih dan tenaga kesejahteraan sosial yang aktif mendukung upaya pencegahan bencana, penanganan tanggap darurat bencana, dan rehabilitasi pasca-bencana.

Baca juga:
700 Tagana diterjunkan bantu korban gempa Malang
Tagana tanam 20 ribu bibit mangrove di Pangandaran

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar