Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Rajasa, menyatakan bahwa berbagai upaya penghematan yang dilakukan pemerintah akan menekan pemborosan hingga Rp60 triliun pada tahun 2011.

"Penghematan bisa mencapai Rp40 triliun hingga Rp60 triliun," kata Hatta Rajasa di Gedung AA Maramia Kemenkeu Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, pemerintah serius melakukan penghematan dengan meminta seluruh kementerian/lembaga (KL) melakukan penghematan.

"Penghematan dilakukan terutama untuk non belanja modal dan belanja untuk infrastruktur," kata Hatta.

Menurut dia, hasil penghematan anggaran itu dapat dialokasikan untuk meningkatkan pembiayaan pembangunan infrastruktur dan menekan defisit.

Mengenai penghematan di lingkungan Kemenko Perekonomian, Hatta mengatakan, pada jumat pagi dirinya memimpin rapat pimpinan di kementeriannya membahas penghematan anggaran.

"Kami memutuskan penghematan anggaran sebesar 10 persen untuk anggaran 2011 sehingga jumlah anggaran berkurang Rp16 miliar dari jumlah semula Rp126 miliar," kata Hatta.

Menurut Hatta, penghematan anggaran KL tidak akan menurunkan daya beli masyarakat khususnya PNS.

"Penghematan bukan pemotongan gaji PNS sehingga tidak mempengaruhi daya beli PNS. Ini misalnya menyangkut pemindahan tempat seminar dari hotel-hotel ke gedung pemerintah saja," katanya menambahkan.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010