Bandung (ANTARA News) - Tim PSM Makassar mengalahkan tuan rumah Persib 2-1 (1-0) pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2010-2011 di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu.

Kemenangan tim "Juku Eja" dipastikan oleh gol bunuh diri bek muda Persib, Wildansyah menit ke-82 babak kedua. Wildan yang mencoba memotong bola silang Richard Obiora gagal menjinakan bola yang justeru meluncur ke dalam gawang sendiri yang kosong ditinggal kiper Markus.

Kehadiran Wagub Jabar H Dede Yusuf dan Wali Kota Bandung Dada Rosada tidak cukup untuk mendorong spirit pemain Persib untuk terhindar dari kekalahan pada pertandingan itu.

PSM unggul lebih dulu pada babak pertama melalui gol kejutan yang dicetak oleh kapten tim Andi Odang menit ke-43 setelah memanfaatkan umpan panjang Diva Tarkas dari sisi kiri pertahanan Maung Bandung Persib.

Persib sempat menyamakan kedudukan menit ke-51 melalui titik putih penalti setelah pemain sayap Syahril Ishak dijatuhkan di kotak penalti. Atep yang dipercaya menjadi algojo mampu memperdaya kiper Denny Marcel sehingga menyamakan kedudukan 1-1.

Gol Atep gagal menjadi penyelamat Persib setelah gol bunuh diri tak terhindarkan melesak ke gawang Maung Bandung.

Sekitar 20 ribu bobotoh Bandung kecewa dengan kekalahan tim kesayangannya, padahal mereka berharap Maung Bandung mampu meraih poin penuh di kandang sendiri. Mereka sempat bertahan di dalam tribun sehingga harus dihalau oleh petugas keamanan untuk ke luar stadion.

Pertandingan dipimpin wasit Hadi berlangsung dalam tempo sedang, kedua tim silih berganti melakukan penyerangan dari berbagai sektor, namun hanya sedikit yang berakhir mengancam gawang lawan.

PSM yang dilatih Robert Rene Albert menerapkan pola bertahan ketat, bahkan tak jarang sekitar sembilan pemain turun ke lini belakang untuk membantu pertahanan, sekaligus membangun serangan balik.

Permainan kedua tim meningkat pada babak kedua. Persib yang dimotori Christian Gonzales lebih banyak melakukan tekanan. Klimaksnya terjadi menit ke-51, Syahril yang mencoba melepaskan diri dijatuhkan Jayusman di kotak penalti sehingga wasit Oleh Hadi memberikan penalti bagi Persib yang dimanfaatkan oleh Atep untuk menyamakan kedudukan.

Namun petaka melanda Maung Bandung saat asyik melakukan tekanan, setelah bek Wildansyah melakukan gol bunuh diri ketika gagal menjinakan umpan silang Obiora menit ke-82. Gol tersebut terjadi melalui serangan balik yang dilakukan Andi Odang dkk dari sektor kiri pertahanan Persib.

Kiper Markus sempat maju menghadang Obiora, namun bola yang sebenarnya tidak bahaya itu malah melesak ke gawang Maung Bandung setelah menyentuk bek kiri Persib bernomor empat itu.

Masuknya Rahmat Afandi dan Jejen di kubu Persib tak cukup untuk membalaskan atau menyamakan kedudukan pada saat Nova Aryanto dkk terpukul dengan gol bunuh diri itu.

Hingga pluit panjang dibunyikan wasit Oleh Hadi, kedudukan tetap 1-2 untuk kemenangan PSM Makassar. Pertandingan diwarnai satu kartu kuning untuk Hendra Ridwan.

Susunan pemain Persib: Markus Horison (kiper), Baihakki, Nova Aryanto, Maman Abdurahman, Wildansyah, M Syahril Ishak, Hariono, Eka Ramdani/ Jejen, Atep, Pablo Frances/Rahmat Affandi, Christian Gonzales.

PSM Makassar Denny Marcel (kiper), Supriono, Jayusman Triasdi, Goran Subara, Fandy Edy, Onambele Basile, Hendra Ridwan/Marwan Saiyeh, Diva Tarkas, Jacky, Andi Odang, Richard Obiora.(*)

(T.S033/Y008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010