London (ANTARA News/AFP) - Chelsea membuka jarak lima angka di puncak klasemen sementara liga utama Inggris, Sabtu, melalui dua gol yang dicetak Florent Malouda dan Salomon Kalou saat melibas Wolves 2-0.

Dengan Manchester City menghadapi Arsenal pada pertandingan Minggu dan Manchester United bermain di Stoke, Chelsea berpeluang menekan pesaingnya dengan meraih poin maksimal di Stamford Bridge.

Malouda mencetak gol pada menit ke-23, setelah mampu bekerja sama dengan Yuri Zhirkov dan Nicolas Anelka. Sedangkan Salomon Kalou menambah gol kedua pada menit ke-81.

Pada pertandingan lainnya, Sabtu, Everton bermain imbang 1-1 melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane dan itu cukup bagi Spurs untuk naik ke posisi tiga klasemen.

Everton unggul lebih dulu melalui tendangan bebas Leighton Baines yang menghasilkan gol pada menit ke-17.

Namun Spurs mampu menyamakan kedudukan tiga menit kemudian ketika kiper Howard mengalami blunder, dan membuat Peter Crouch bebas menyodorkan bola ke striker Rafael Van der Vaart yang membuat skor 1-1.

"Mereka tim yang bagus, anda tidak mudah melawan Everton, anda tidak akan pernah bisa melakukan itu," kata pelatih Spurs Harry Redknapp.

"Kami punya peluang lebih baik tapi saya saya tetap gembira meski hanya mendapat satu poin," tambahnya.

Sementara itu pelatih Everton David Moyes juga menyatakan sama senangnya dengan hasil satu poin itu.

"Para pemain kami telah bekerja keras untuk bisa mendapatkan satu poin itu," kata David Moyes.

Di lain pertandingan, tim promosi baru West Bromwich Albion naik ke posisi empat klasemen setelah mampu bangkit untuk mengalahkan Fulham 2-1 di Hawthorns.

Fulham unggul lebih dulu pada menit kesembilan setelah terjadi gol bunuh diri dari Scott Carson.

Namun West Bromwich mampu menyamakan kedudukan melalui gol yang dibuat Youssouf Mulumbu pada menit ke-17, dan tim itu memastikan kemenangannya dengan satu gol tambahan yang dicetak Marc-Antoine Fortune lima menit menjelang bubaran babak pertama.

Sementara itu Aston Villa harus mengakui keunggulan Sunderlan 0-1 setelah terjadi gol bunuh diri dari Richard Dunne pada menit ke-25.

Wigan bermain imbang 1-1 melawan Bolton, gol Wigan dicetak Rodallega menit ke-59 dan disamakan oleh Elmander pada menit ke-66.

Sedangkan Birmingham menang 2-0 atas Blackpool melalui gol Ridgewell menit ke-36 dan dari Zigic dua puluh menit kemudian.

Selain itu masih akan bertanding West Ham melawan Newcastle United di Upton Park.(*)

(Uu.A020/Z002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010