Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi sentra vaksinasi yang terletak di Kampung Wisata Pecinan yaitu Petak Enam, Jakarta Barat, Sabtu.

Vaksinasi yang berlangsung selama satu hari ini, diinisiasi oleh Ikatan Alumni Lemhannas Komisariat Provinsi (IKAL KOMPROV) DKI Jakarta dengan Pemprov DKI, Kementerian Kesehatan, dan Polda Metro Jaya, dengan target 1,000 peserta.

Baca juga: Digital UMKM dan vaksinasi untuk pulihkan ekonomi

Petak Enam sendiri merupakan salah satu kampung wisata yang menjadi saksi pertumbuhan Kota Jakarta dari zaman kolonial sampai hari ini sehingga berpotensi menjadi heritage village.

Dalam kunjungannya, Sandiaga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada para pihak yang terlibat dalam penyenggaraan sentra vaksinasi di salah satu kawasan wisata. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung program pemerintah yang menargetkan dua juta vaksinasi per hari, sehingga herd immunity dapat segera tercapai.

"Terimakasih IKAL KOMPROV DKI serta semua yang mendukung. Mudah-mudahan dengan 1.000 target partisipasinya hari ini, bisa menjadi 10.000, kemudian 1 juta dan mencapai 2 juta per hari," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya pada Sabtu.

DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi dengan cakupan vaksinasi terbanyak. Data dari Kementerian Kesehatan per 30 Juli 2021, penduduk DKI Jakarta yang sudah menerima vaksinasi dosis pertama sebanyak 7,5 juta orang atau sekitar 89,4 persen dan yang menerima vaksinasi dosis kedua sebanyak 2,6 juta orang atau sekitar 31,7 persen.

Baca juga: Menparekraf dukung wisata dan industri kreatif di Kediri dikembangkan

Pada kunjungan kali ini Menparekraf didampingi oleh Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung. Selain itu, hadir pula Anggota Komisi XI DPR, Kamrussamad; Ketua IKAL Komprov DKI Jakarta, Sylviana Murni; Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Onny Widjanarko; Ketua Penyelenggara IKAL Komprov Jakarta, Dadang Solihin; serta Pengelola Pecinan Glodok, Andre.

Menparekraf menyebutkan sentra vaksinasi ini merupakan bagian dari program "vanic" yaitu vaksinasi asyik di tempat piknik, sehingga dapat membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi.

Selain di Petak Enam, Jakarta Barat ini, ada juga sentra-sentra vaksinasi yang berada di kawasan wisata, seperti South Shore Jalan Pantai Selatan Jawa, Gunung Kidul, Jawa Tengah, serta Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat.

"Kita harapkan sentra ini bisa membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi. Karena kita perlu 70 persen dari populasi kita untuk populasi di Indonesia untuk divaksinasi, agar mencapai herd immunity atau kekebalan komunal," kata Sandiaga.

"Dan menurut data dari dokter di Amerika bahwa dengan divaksin kita 10 kali dapat menurunkan risiko tertular dan tiga kali lebih baik, seandainya kita terpapar COVID-19 setelah di vaksin, maka gejalanya akan cenderung ringan atau tanpa gejala sama sekali," imbuhnya.

Sandiaga juga berpesan agar masyarakat tidak pilih-pilih jenis vaksin. Sebab semua vaksin yang disediakan pemerintah aman dan halal.

"Kita harapkan masifnya program vaksinasi bisa membawa kebangkitan dan pemulihan khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.



Baca juga: Sandiaga Uno: Harapan kunci bangkit dari pandemi

Baca juga: Sandiaga dukung enam "start up" kompetisi di ajang internasional

Baca juga: Sandiaga Uno dinilai teladan untuk bangkitkan pariwisata

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021