Jakarta (ANTARA) - Upaya Anthony Sinisuka Ginting untuk masuk ke babak final debut Olimpiade menemui kegagalan setelah dijegal pebulu tangkis kawakan asal China, Chen Long pada babak empat besar yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Minggu.

Dalam total lima pertandingan yang dilakoni Ginting di Olimpiade Tokyo 2020 sejak babak penyisihan grup hingga semifinal, laga kontra Chen Long yang mencatatkan waktu 56 menit menjadi yang terlama kedua setelah perempat final melawan Anders Antonsen sepanjang 79 menit.

Namun dalam laga hari ini, Ginting mengeluarkan semua kemampuan yang ia miliki, berusaha menundukkan pebulu tangkis yang sudah mengantongi medali emas Olimpiade Rio 2016 dan medali perunggu London 2012.

Baca juga: Kesabaran buahkan kemenangan Ginting di perempat final

Atlet peraih medali perak Asian Games 2018 asal Cimahi ini tahu bahwa yang ia hadapi bukan atlet sembarangan. Ia langsung memberikan tekanan pada gim pertama.

Serangan yang dibangun menemui kendala. Chen Long bermain sabar dan menanti saat Ginting lengah untuk menciptakan angka.

Usaha Ginting untuk mengejar ketertinggalan di gim pertama berakhir saat ia terlibat reli yang menyulitkan. Chen Long yang punya keunggulan postur tinggi, memberikan pukulan menyamping yang membuat Ginting harus berlarian mengejar bola.

Ginting pun bertemu titik lemahnya, tak sanggup menjangkau bola hingga terjerembab ke pinggir lapangan. Chen Long akhirnya mengakuisisi kemenangan di gim pembuka dengan skor 16-21.

Baca juga: Pelatih ingatkan Ginting tak remehkan Chen Long meski lebih unggul

Gim kedua menjadi masa sulit bagi Ginting. Ia kehabisan energi hingga kesulitan mengejar bola-bola yang diumpankan lawan. Chen Long jarang melakukan smes di gim ini, namun sekali lagi postur badannya menjadi andalan hingga mudah melakukan pengembalian secara cepat.

Ginting pun beberapa kali harus tertunduk di lapangan ketika ia gagal menghalau pukulan lawannya setelah meladeni reli dan lob yang memaksanya mengejar bola hingga sudut lapangan.

Atlet peringkat lima dunia ini bermain apik dan mengagumkan, namun akhirnya harus mengakui keunggulan Chen Long yang jauh berpengalaman. Pertandingan berakhir dengan skor 16-21, 11-21.

Ginting masih berpeluang mengamankan medali perunggu pada babak penentuan juara ketiga.

Pada laga ini, Ginting sudah ditunggu pebulu tangkis Kevin Cordon asal Guatemala. Ia tersingkir di semifinal setelah dikalahkan peringkat dua dunia Viktor Axelsen asal Denmark.

Baca juga: (Round up) Greysia/Apriyani dan Anthony Ginting ukir catatan manis
Baca juga: Ginting singkirkan peringkat tiga dan menuju semifinal Olimpiade Tokyo

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021