Teheran (ANTARA News) - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan timpalannya dari Irak, Presiden Jalal Talabani, Ahad, melakukan pembicaraan melalui telepon membahas cara-cara untuk memperluas hubungan bilateral dan multilateral antara kedua negara.

Presiden Iran menyebut "sangat bagus" mengenai hubungan antara Teheran dan Baghdad akhir-akhir ini, dan dia berharap bahwa dengan terbentuknya pemerintah Irak yang baru akan membantu perluasan hubungan politik dan ekonomi antara dua negara bertetangga itu.

Presiden Ahmadinejad mengatakan bahwa pembicaraannya dengan Presiden Talabani dilakukan di sela-sela sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York, dan kedua presiden membahas masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama, serta menyatakan harapan agar konsultasi-konsultasi dengan Irak diteruskan.

Presiden Irak, pada bagiannya, menyerukan perlunya perluasan "semua hubungan kami, antara kedua negara," dan menyatakan harapan untuk melakukan kunjungan ke Teheran setelah pembentukan pemerintah baru Irak.(*)

IRNA/H-AK/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010