Santiago (ANTARA News) - Presiden Chile Sebastian Pinera, Senin, meminta maaf, setelah ia mengeluarkan pernyataan selama kunjungan baru-baru ini ke Jerman yang ia katakan tanpa ia sadari berkaitan dengan masa lalu "suram" Nazi.

Pinera mengatakan ia menulis pernyataan tersebut "Deutschland / uber alles" (Jerman di atas semuanya) di buku yang ditandatangani oleh para pengunjung ke kantor presiden Jerman, sebagaimana dikutip dari Chile.

"Saya sungguh tak menyadari bahwa pernyataan itu dapat dikaitkan dengan sejarah kelam negeri itu, dan oleh karena itu, saya meminta maaf, dan meminta maaf dalam kasus ini," kata Pinera.

Pinera mengatakan setelah ia bertemu dengan timpalannya dari Jerman Christian Wulff, dan menulis pesan tentang ucapan terima kasih atas bantuan Jerman sesudah gempa bumi yang sangat kuat mengguncang Chile, ia mengulangi satu pernyataan yang telah ia pelajari di sekolah Jerman saat masih kecil pada 1950-an dan 1960-an.

Ia mengatakan ia mengerti pernyataan tersebut berasal dari era Bismarck dan penyatuan Jerman, tapi tidak mengetahui itu berkaitan dengan Nazi.
(C003/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010