Semarang (ANTARA News) - Pebalap Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya, Hari Fitrianto mempertahankan posisi puncak klasemen Speedy Tour d`Indonesia (TDI) 2010 hingga etape IV dan tetap berhak memakai kaos kuning tanda pimpinan klasemen.

Meski di etape IV dari Pekalongan menuju Semarang yang finis di depan Kantor Telkom Semarang, Rabu, tidak berada di posisi terdepan, pebalap asal Probolinggo itu tetap aman di puncak klasemen dengan catatan waktu 10.19.56.

"Etape ini cukup ketat. Banyak sprinter tim lain yang berusaha menjadi yang terdepan. Tapi saya bermain aman untuk tetap mempertahankan kaos kuning," katanya usai perlombaan.

Menurut dia, semakin banyak etape yang dilalui semakin banyak pula tekanan yang dihadapi. Untuk itu pihaknya bersama anggota tim yang lain akan berusaha mempertahankan kaos kuning hingga menyentuh garis finis di Denpasar Bali.

Saat ini, kata dia, tim-tim lain terutama dari luar negeri mulai menyodok ke depan. Terbukti pebalap dari 7 Eleven Filipina, Mark John Laxer mampu menjadi yang tercepat di titik sprint pada KM 53.

Etape V dari Semarang menuju Yogyakarta dibatalkan oleh panitia terkait dengan peningkatan aktivitas Gunung Merapi diperbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sesuai dengan rencana seluruh pebalap akan melalui lereng gunung tersebut tepatnya di Selo, Boyolali.

Selain mengamankan kaos kuning, pebalap asal Probolinggo itu juga mempertahankan kaos merah putih atau puncak klasemen pebalap perorangan kategori nasional dengan catatan waktu yang sama.

Dengan demikian, Hari Fitrianto telah mempertahankan diri sebagai pemegang koas kuning dan kaos merah putih pada dua etape yang telah dilaluI. Sebelumnya kaos kuning dipegang rekan satu timnya, Sergey Kudentsov.
(ANT/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010