Beograd (ANTARA News) - Serbia merencanakan untuk memberikan 10 juta euro hadiah bagi informasi yang bisa menuntun pada penangkapan  penjahat perang yang paling dicari di Balkan, Ratko Mladic, kata serorang pejabat negara itu, Kamis.

Serbia sedang dalam proses menjadi anggota Uni Eropa dan dalam proses panjang itu salah satu langkahnya adalah Serbia harus menangkap Mladic.

Ratko Mladic telah didakwa oleh pengadilan kejahatan perang PBB untuk bekas Yugoslavia (ICTY) karena genosida, atau pembasmian etnik, dalam pembunuhan besar-besaran pada 1995 atas sekitar 8.000 orang Islam di kota Srebrenica di Bosnia dan pengepungan 1992-95 atas kota Sarajevo, ibukota Bosnia.

Hadiah baru itu berarti 10 kali dari hadiah yang sudah diumumkan selama ini.

"Ini bagian dari upaya kami untuk menangkap orang itu. Kami akan dengan senang membayar uang itu karena Mladic merupakan masalah  yang belum terselesaikan bagi keberhasilan upaya kami masuk Uni Eropa," kata seorang pejabat pemerintah pada Reuters tanpa menyebut nama.

Ia juga memberitahukan hadiah untuk buron lainnya, Goran Hadzic, akan dinaikkan dari 350.000 menjadi 500.000 euro.

Di Serbia dan wilayah Serbia Bosnia, Mladic masih mendapat dukungan dari kelompok garis keras yang menganggap dia sebagai pahlawan.

Pada Mei lalu, keluarga Mladic melancarkan proses pengadilan untuk menyatakan bahwa ia telah mati atas dasar bahwa ia dalam kondisi kesehatan yang buruk dan bahwa mereka telah tidak mengadakan kontak dengannya selama lebih dari lima tahun.

Amerika Serikat (AS) telah menawarkan lima juta dolar hadiah bagi informasi yang akan membawa pada Mladic. Informan juga dijanjikan akan dilindungi dan disediakan tempat bagi keluarga.
(S008/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010