Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan bantuan dana sebesar dua juta dolar AS kepada Indonesia untuk penanganan bencana alam.

"Karena kami peduli dengan Indonesia, maka Amerika akan memberikan donasi sebesar 2 juta dolar AS," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel di Depok, Jumat.

Ditemui di sela-sela kegiatannya di Universitas Indonesia, ia mengemukakan, Amerika sangat prihatin dengan bencana alam bertubi-tubi menimpa Indonesia.

"Atas nama kemanusiaan, kami ingin menolong Indonesia. Amerika adalah sahabat Indonesia. Maka apa yang terjadi di Indonesia, kami sangat peduli," ujar Marciel.

Gempa dan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, menewaskan sekitar 394 orang dan 312 orang masih dinyatakan hilang. Laporan juga menyebut 267 orang mengalami luka-luka dan 12.865 warga masih mengungsi.

Sedangkan bencana Gunung Merapi yang meletus menewaskan 34 orang dan 10 orang masih luka bakar serius. Jumlah pengungsi di Kabupaten Sleman, DIY, sebanyak 17.776 orang dan di Magelang sekitar 13.757 orang.

Marciel menyampaikan kuliah umum bertemakan "Education under the Comprehensive Partnership" di Universitas Indonesia.

Kuliah umum tersebut juga disampaikan dalam format video konferensi dengan Rektor Universitas Riau, Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Hasanuddin. (*)

R018/s018

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010