Bogor (ANTARA News) - Menteri Agama Suryadharma Ali, Senin di Bogor, Jabar, mengemukakan, pimpinan umat beragama perlu meningkatkan peran dalam membina umatnya agar memiliki karakter keimanan kuat dan toleran terhadap keragaman bangsa.

"Kami mengimbau semua umat beragama agar selalu menumbuhkan budaya saling menghormati dan saling menghargai terhadap perbedaan yang terjadi," kata Menteri Agama Suryadharma Ali saat membuka Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2010 di Kinasih Conference, Bogor.

SAGKI 2010 mengetengahkan tema "Dia Datang Supaya Semua Memperoleh Hidup dalam Kelimpahan."

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, budaya saling menghormati antar umat beragama, penting ditumbuhkan dan dilestarikan guna mewujudkan kesejahteraan bangsa.

"Pemerintah berharap semua umat beragama semakin berwajah Indonesia dan Pancasilais," ujar Suryadharma Ali.

Dengan karakter Indonesia dan Pancasilais, semua umat beragama diharapkan dapat berakulutirasi dengan budaya Indonesia yang memiliki keragaman.

Motto "Bhineka Tunggal Ika" atau berbeda namun satu tujuan, dinilai penting untuk diinternalisasi oleh semua umat beragama dalam memandang keragaman di Indonesia.

"Setiap umat beragama harus menjaga peran dalam membina kerukunan di tengah masyarakat," terang Suryadharma Ali.

Oleh karena itu, semua umat beragama diimbau agar menghormati semua kitab suci agama dan menghargai apa-apa yang diyakini atau disucikan oleh setiap umat beragama. (*)

(ANT-053/S006/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010