hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang berpotensi terjadi di tujuh wilayah di Provinsi Maluku
Ambon (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Maluku, meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca buruk dalam periode sepekan ke depan atau hingga 13 Agustus 2021.

BMKG Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon memprediksi hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang berpotensi terjadi di tujuh wilayah di Provinsi Maluku.

"Tujuh wilayah di Maluku tersebut yakni Kabupaten Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tengah, Kota Ambon dan Kepulauan Aru," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Kamari di Ambon, Sabtu.

Baca juga: BMKG sebut tujuh wilayah di Maluku masih berpotensi cuaca buruk

Kamari menyebutkan hasil analisis, angin timur tenggara masih mendominasi wilayah Maluku.

Gelombang tropis juga terpantau aktif di wilayah Maluku, pada lapisan 850 hPa kelembaban udara cukup tinggi berkisar antara 70 -100 persen.

Selain itu kondisi suhu permukaan laut cenderung menghangat, khususnya di Laut Seram bagian timur, Laut Banda, perairan Kepulauan Kei dan Aru (1,5 - 30 derajat C), yang mendukung tersedianya suplai uap air untuk pertumbuhan awan hujan.

Baca juga: BMKG: Waspada cuaca ekstrem sepekan di wilayah Maluku

Baca juga: BMKG Ambon imbau warga waspada dampak Siklon Tropis Surigae


Indeks Osilasi Selatan (OSI) bernilai positif (>7), mengindikasikan adanya pergerakan suplai uap air dari Samudera Pasifik timur ke Samudera Pasifik barat, yang berpengaruh signifikan terhadap aktivasi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian timur.

Masyarakat juga diimbau tetap waspada potensi cuaca buruk (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang) saat hujan.

Cuaca buruk berdampak pada penurunan
jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

Baca juga: BMKG pantau 24 titik panas di Sumatera Utara

Baca juga: Tiga hektare lahan di Aceh Tengah dilaporkan terbakar

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021