Gunung Kidul (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka posko bantuan bagi korban bencana yang dipusatkan di kantor Kesatuan Bangsa, Politik, Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana di kompleks Pendopo Sewokoprodjo, Wonosari.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Kidul membuka posko bantuan terpadu yang dipusatkan di kantor Kesatuan Bangsa, Politik, Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Kesbangpolinmas dan PB), sehingga bagi masyarakat yang akan membantu korban bencana dapat menyalurkan bantuannya melalui kantor tersebut," kata Kepala Bagian Humas Pemkab Gunung Kidul Azis Shaleh, di Wonosari, Selasa.

Ia mengatakan bantuan yang diterima akan disalurkan ke berbagai lokasi bencana di wilayah Kabupaten Gunung Kidul maupun di luar daerah, termasuk bagi pengungsi bencana erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

"Bantuan yang sudah kami kirimkan bagi pengungsi bencana erupsi Gunung Merapi sampai saat ini antara lain air bersih, berbagai kebutuhan untuk perempuan dan bayi, serta logistik bagi pengungsi umum, dan obat-obatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Kesbangpolinmas dan PB Kabupaten Gunung Kidul Sumaryadi mengatakan pihaknya bekerja sama dengan berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta organisasi sosial dalam mengumpulkan bantuan dan penyalurannya.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) serta Palang Merah Indonesia (PMI) serta lembaga lain dalam pengumpulan serta pendistribusian bantuan," katanya.

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010