Bandung  (ANTARA News) - Status gunung api Raung di Bondowoso Jawa Timur, berstatus aktif normal dan tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik di gunung api itu, demikian Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendrasto ketika dihubungi ANTARA dari Bandung, Selasa.

"Status Gunung Raung aktif normal, kami sudah cek aktivitas gunung api itu normal," kata Hendrasto.

Gunung Raung merupakan gunung di wilayah Jawa Timur dengan ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl), dan termasuk gunung berstatus aktif normal.

Hendrasto menerangkan, gunung api itu diamati oleh Pos Pengawasan Gunung Raung dan Posko Pengamatan Gunung Api Ijen.

"Kami sudah kontak petugas di kedua Posko itu, perkembangan Gunung Raung normal," kata Hendrasto.

PVMBG mengimbau masyarakat sekitar gunung api tidak termakan isu yang bisa membuat panik mengenai aktivitas gunung api itu. Ia meminta masyarakat mendapatkan informasi dari pihak berwenang seperti Posko Gunung Api atau Satlak Penanggulangan Bencana Alam (PBA).

Ia menengarai sejumlah pihak telah menghubung-hubungkan hebatnya letusan Gunung Merapi dan guncangan gempa dengan aktivitas gunung api lainnya di Indonesia.

"Beberapa hari lalu ada yang nelepon Gunung Galunggung meletus, itu tidak benar karena gunung-gunung itu masih dalam statusnya semula, aktif normal," kata Hendrasto.

Meski demikian, masyarakat tetap harus waspada terutama mereka yang tinggal di kawasan bahaya I gunung api.

"Kewaspadaan perlu, namun jangan panik dan ikuti rekomendasi dari PVMBG dan Satlak PBA di daerah masing-masing," kata Hendrasto. (*)

S033/Y003/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010