Sleman (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Aljufri menyatakan pemerintah akan membantu membangun kembali rumah warga yang rusak akibat letusan Gunung Merapi.

"Pemerintah akan membantu pembangunan kembali rumah yang rusak akibat awan panas Merapi, untuk masalah ini akan dibahas dalam tahap rekonstruksi," katanya di barak pengungsian Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Selasa sore.

Menurutnya, warga yang rumahnya rusak tidak perlu risau karena dalam tahap rekonstruksi semua rusak akan diganti.

"Termasuk juga warga yang kehilangan ternaknya, ternak yang mati juga akan kami ganti. Khusus untuk penggantian ternak akan dilakukan pemerintah daerah setempat," katanya.

Pemerintah juga akan memberikan santunan Rp4 juta kepada ahli waris korban meninggal dan penghargaan kepada relawan yang menjadi korban.

"Ada relawan yang menjadi korban, bahkan juga wartawan. Nah, kami sudah menyiapkan penghargaan. Bukan hanya kertas saja, namun ada sejumlah santunan masing-masing korban mendapat Rp4 juta," katanya.

Salim mengharapkan para relawan yang saat ini berada di lapangan bisa membagi bantuan secara adil dan merata meskipun dia yakin sistem penanganan para pengungsi berjalan cukup bagus.

"Semuanya dapat tertangani dengan baik, bantuan harus merata," katanya. (*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010