Total kuota beasiswa yang diberikan sebanyak 1.000 pelajar.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menggandeng Kahmipreneur membagikan program bantuan beasiswa untuk pelajar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, Sandiaga mengatakan bahwa bantuan beasiswa itu merupakan bantuan kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah anak-anak yang  orang tuanya pedagang kecil. Hal ini mengingat pedagang kecil terdampak keras pandemi COVID-19.

"Ini merupakan gelombang berikutnya dari pemberian beasiswa yang terus ditingkatkan sebagai bantuan kemanusiaan bagi para pedagang kecil untuk bisa memenuhi kebutuhan biaya sekolah anak mereka," kata Sandiaga.

Pemberian bantuan beasiswa digelar secara daring dihadiri oleh Sandiaga Uno dan para Founder Kahmipreneur serta diikuti oleh para pelajar dari berbagai daerah.

Total kuota beasiswa yang diberikan sebanyak 1.000 pelajar yang sudah diseleksi dari 34 provinsi. Dengan sasaran dari penerima beasiswa ini adalah pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan anak yatim karena terdampak pandemi COVID-19.

Para pelajar yang layak mendapatkan beasiswa ini difokuskan untuk para pelajar dari anak pedagang kecil, belum tersentuh bantuan, terdampak pandemi COVID-19 serta aktif belajar secara virtual selama pandemi COVID-19.

Sandiaga mengungkapkan penerapan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegaiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 untuk menekan penyebaran COVID-19 juga turut berdampak pada penghasilan pedagang kecil. Otomatis anak-anak dari keluarga tersebut juga terkena imbasnya untuk pendidikan.

Pada saat pihaknya membuka melalui online, ternyata peminatnya begitu banyak. Oleh karena itu, sekarang ini pihaknya sedang menghitung secara menyeluruh komprehensif agar beasiswa yang diberikan tepat sasarannya, tepat manfaatnya, dan tepat waktu.

"Itu yang ingin kami lakukan agar beasiswa ini bisa benar-benar menyentuh yang membutuhkan," kata Sandiaga.

Sandiaga juga mengajak Kahmipreneur dan pengusaha-pengusaha lain untuk turut bergabung dalam program bantuan beasiswa ini. Dengan begitu, para pelajar yang orang tuanya terdampak pandemi COVID-19 bisa terus bertahan untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anaknya.

"Harapannya kamipreneur ini bisa hadir bersama-sama dengan donatur dengan pengusaha-pengusaha sukses untuk memberikan inspirasi dan bantuan bagi siswa-siswa pedagang kecil yang terdampak," jelasnya.

Selain memberikan beasiswa untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan mahasiwa, Sandiaga Uno dan Kahmipreneur juga memberitakan paket bantuan beasiswa khusus untuk anak yatim piatu yang orangtuanya meninggal karena COVID-19.

"Ada paket bantuan khusus yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena COVID-19 dan beberapa daerah seperti di Kediri Jawa Timur sudah kami lakukan penyerahan secara virtual,” kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno serahkan 100 beasiswa untuk anak-anak pedagang

Baca juga: Menparekraf prediksi ada letupan wisata seusai PPKM

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021