Mukomuko (ANTARA News) - Para korban tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, membutuhkan pemulihan sosial agar kehidupan mereka kembali normal, kata Kepala Devisi Penanggulangan Bencana Markas Palang Merah Indonesia Jailani.

"Pascatsunami Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat akan mengirimkan empat orang pakar sosial untuk memulihkan kehidupan sosial mereka agar aktivitasnya kembali normal," kata Jailani di Mukomuko, Rabu.

Ia menjelaskan empat orang pakar dalam waktu dekat akan berangkat dari Bengkulu menuju Bandara Kabupaten Mukomuko selanjutnya mereka mengunakan helikopter (PMI) menuju Sikakap Mentawai.

"Selama ini yang menjadi kendala memberangkatkan beberapa tenaga dari PMI adalah faktor cuaca sehingga selalu terjadi penundaan," ujarnya.

Ia berharap cuaca dalam beberapa hari ini mendukung dalam memberangkatkan pakar tersebut.

"Karena dalam kondisi saat ini pakar tersebut sangat dibutuhkan untuk menghilangkan trauma yang dialami para korban pascatsunami," urainya.

Ia menjelaskan tugas mereka di Mentawai mengembalikan aktivitas warga seperti semula, misalnya kegiatan pengajian atau mengajak anak-anak untuk bisa bermain agar hilang dari trauma.

"Kita berharap dengan bantuan empat relawan dari PMI ini bisa memulihkan korban Mentawai," ujarnya, PMI juga akan mengirimkan empat pakar psikologis.(*)
(ANT-149/I016/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010