Indeks Shanghai Composite naik 1 persen menjadi 3.529,93
Jakarta (ANTARA) - Bangkitnya kembali saham perusahaan produsen minuman beralkohol membantu indeks saham utama China naik dari penurunan awal pada Selasa walaupun peningkatan infeksi virus corona membebani sentimen investor.

Indeks saham unggulan CSI300 naik 1,2 persen menjadi 5.043,15, sedangkan indeks Shanghai Composite naik 1 persen menjadi 3.529,93.

Sektor minuman beralkohol memimpin kenaikan dalam perdagangan sore, naik 6,84 persen setelah mencapai level terendah empat bulan pada Juli.

Sektor minuman beralkohol juga membantu kebutuhan pokok konsumen naik 5,28 persen.

Investor dapat fokus pada sektor konsumen yang sudah jenuh jual (oversold), termasuk makanan dan minuman, layanan rekreasi, menjelang musim pendapatan, saran Wanlian Securities, dikutip dari Reuters.

Sektor pertahanan melonjak 3,81 persen.

Bank sentral China mengatakan pada Senin akan menjaga stabilitas kebijakan moneter dan menghindari stimulus "mirip banjir".

Pasar jatuh pada sesi pagi, karena sejumlah pernyataan yang mengecewakan beberapa investor yang mengharapkan pelonggaran lebih agresif. Pada Senin, bank-bank di Wall Street termasuk JPMorgan dan Morgan Stanley memangkas perkiraan pertumbuhan China setelah pertumbuhan ekspor melambat secara tak terduga pada Juli.

Pasar masih menghadapi ketidakpastian, karena kasus baru COVID-19 meningkat. Negara itu melaporkan 143 kasus baru di China daratan untuk 9 Agustus, naik dari 125 kasus sehari sebelumnya.

Baca juga: Saham perjalanan dan liburan angkat saham Eropa ke rekor tertinggi
Baca juga: Saham perjalanan dan pendapatan positif dorong saham London menguat
Baca juga: IHSG menguat, ditopang perpanjangan PPKM hingga 16 Agustus


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021