Surabaya (ANTARA News) - Empat petenis tuan rumah Jawa Timur meraih "wild card" dan langsung berlaga di babak utama turnamen tenis internasional junior ITF Widjojo Soejono Semen Gresik 2010 di Surabaya 7 hingga 14 November.

Referee Turnamen Widjojo Soejono, Sony Irawan, kepada wartawan di Surabaya Sabtu mengatakan, keempat petenis Jatim yang beruntung itu, Sisca Budi Mawarni dan Wenny Octarianny di bagian putri, serta Ridho Prasojo dan Gavin Pranata di kelompok putra.

Panitia juga memberikan fasilitas serupa kepada empat petenis Indonesia lainnya, yakni David Wilson, Eky Hamzah, Vonny Dahlia, dan Vita Taher.

"Pemberian wild card ini menjadi kewenangan panitia penyelenggara dan tuan rumah. Pelti Jatim sebagai penyelenggara berhak memberikan wild card kepada petenis berdasarkan kriteria tertentu," katanya.

Ia mengatakan kedelapan petenis yang mendapat fasilitas wild card tersebut, belum memiliki peringkat di ITF. Namun, mereka dianggap layak masuk babak utama.

Direktur Turnamen, Didik Utomo Pribadi, mengatakan turnamen ITF Widjojo Soejono merupakan salah satu turnamen internasional terbaik, dari enam turnamen junior yang digelar di Indonesia.

"Sampai saat ini belum ada rencana untuk menaikkkan status turnamen ini, dari grade empat menjadi grade tiga, karena ada beberapa kendala yang tidak bisa kami penuhi," katanya.

Jika turnamen ini dinaikkan menjadi grade tiga, bukan tidak mungkin akan semakin banyak petenis Indonesia yang tidak bisa ambil bagian karena peringkatnya yang masih rendah.

"Dibanding 2009, peserta tahun ini lebih banyak dan kompetitif. Beberapa petenis mancanegara yang hadir juga memiliki peringkat ITF sekitar 300-an," tambah Didik Utomo.

Dari sekitar 400 petenis yang ambil bagian dalam turnamen tahunan ini, separuhnya merupakan peserta asing dari 37 negara. Sebagian dari mereka akan mengikuti babak kualifikasi pada 7-8 November di Lapangan Tenis Kodam Brawijaya Surabaya.

Dari babak kualifikasi itu, akan diambil delapan petenis putra dan empat petenis outri untuk lolos ke babak utama yang dimulai pada 9 November.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas PT Semen Gresik Harry Soebagio menambahkan selain berlangsung di Surabaya, pertandingan juga digelar di Lapangan Tenis Semen Gresik untuk kelompok umur 10 hingga 14 tahun.

"Ini merupakan tahun keempat Semen Gresik menjadi pendukung utama turnamen ITF Widjojo Soejono. Kami berharap kualitas pertandingan bisa lebih baik dibanding tahun lalu," katanya.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010