Madrid (ANTARA News) - Penyanyi Amerika Serikat (AS) mendominasi penyerahan hadiah MTV Europe Music Awards di Madrid, Spanyol, Minggu (7/11), seperti Lady Gaga dan Katy Perry bergantian naik panggung, dan masing-masing membawa pulang satu hadiah.

Lady Gaga dinobatkan sebagai peraih Best Pop Act, sementara Katy --yang tampil di hadapan penonton di panggung terbuka di ibu kota Spanyol, membawa pulang Best Video Award untuk "California Gurls".

Rekan mereka Ke$ha dianugerahi Best New Act, dan kelompok pemusik pop Paramore memperoleh Best Alternative Category.

"Diharapkan aku dapat mengilhami kalian semua untuk memberi reaksi kepada orang yang sinis," kata Ke$ha di La Caja Magica di kota tersebut, tempat penyerahan hadiah dilakukan.

Bon Jovi, yang mempertegas dominasi artis AS pada malam itu sementara penyerahan hadiah mencapai separuh jalan, meraih Global Icon Title.

"Terima kasih karena membuat kami jadi tokoh," kata Bon Jovi kepada penonton. "Aku ingin berterima kasih kepada semua orang di MTV atas prestasi yang luar biasa ini, selama seperempat abad. Kita masih melakukan apa yang kami kerjakan dan kita melakukannya dengan baik."

Penabuh drum Tico Torres menambahkan ucapan terima kasihnya dalam bahasa Spanyol, sehingga membuat senang warga setempat.

Menurut MTV, Bon Jovi, Richie Sambora, David Bryan dan Tico Torres telah menjual lebih dari 125 juta album, menggelar lebih dari 2.700 konser di lebih dari 50 negara di hadapan 35 juta penggemar dan adalah nomor satu dalam penyelenggara tur di dunia pada 2008.

Justin Bieber, sensasi pop yang berusia 16 tahun dari Kanada, menembus kungkungan AS, dengan meraih Best Male Act Award dan mengalahkan pesaing kelas berat yang meliputi Eminem, Usher dan Kanye West.

Sebelum penyerahan hadiah, Lady Gaga dan Katy Perry memimpin dengan lima nominasi. Mereka bersaing ketat dalam empat kategori --Best Pop Act, Best Song, Best Female Act dan Best Video.

Bintang "Desperate Housewives" Eva Longoria, yang menuntaskan sejumlah penggantian kostum pada malam tersebut, menjadi tuan rumah acara itu dan menegaskan akar Spanyolnya.

Selain Katy Perry, penonton di Madrid disuguhi hiburan dari bintang Barbadian dan pelantun "Only Girl" Rihanna, yang tampil dengan rambut warna merah, hiasan dan pakaian ala-perkawinan pendek dengan warna putih.

Yang juga menyanyi pada malam tersebut akan Kings of Leon, Shakir, Kid Rock dan Miley Cyrus.
(Uu.C003/A011/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010