Solo (ANTARA News) - Perseroan Terbatas (PT) Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan kereta api kelas ekonomi secara gratis bagi para pengungsi akibat letusan Gunung Merapi.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Agus Wijaya, Senin, mengatakan KA gratis ini diberlakukan sejak tanggal 7-14 November 2010.

Dia mengatakan, pihaknya juga menyiapkan gerbong barang khusus bagi para pengungsi yang ingin membawa barang berharga ke tempat pengungsiannya.

Selain untuk para warga yang ingin mengungsi, kata dia, pihaknya juga menyediakan gerbong barang gratis bagi para donatur yang ingin mengirimkan bantuan untuk para korban bencana letusan Gunung Merapi.

"Masyarakat menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan dari pihak Ketua RT atau Lurah setempat sebagai bukti warga pengungsi Merapi," katanya.

Kemarin (Minggu), dia mengatakan, mayoritas pengungsi ingin menuju Jakarta sebagai tempat pengungsian.

Kereta Ekonomi khusus pengungsi ini, kata dia, diberlakukan secara gratis menuju mana saja sesuai lokasi yang mereka inginkan untuk dijadikan tempat mengungsi.

Dia melanjutkan, dengan adanya KA gratis khusus para pengungsi diharapkan dapat membantu warga yang ingin menyelamatkan diri dari amukan Merapi.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010