Kupang (ANTARA News) - Pemerintah Timor Leste dalam sidang kabinet yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Kay Rala Xanana Gusmao di Dili, Rabu, menyetujui bantuan kemanusiaan senilai sejuta dolar Amerika Serikat (AS) untuk meringankan korban bencana alam Gunung Merapi, tsunami Mentawai, dan Wasior.

"Ini merupakan bantuan rakyat dan pemerintah Timor Leste untuk rakyat dan pemerintah Indonesia, khususnya korban erupsi Gunung Merapi," kata Juru Bicara Kabinet Timor Leste, Antonio Ramos, kepada ANTARA News di Kupang melalui telepon selulernya di Dili, Rabu.

Menteri Sosial Timor Leste, Maria Domingo Alves, dan Wakil Menteri Keuangan negeri itu, Rui Hanjan, diputuskan dewan kabinetnya untuk segera menyerahkan bantuan tersebit kepada Pemerintah RI di Jakarta.

Pemerintah Timor Leste juga memutuskan kedua menteri tersebut melakukan koordinasi langsung untuk mengetahui keberadaan sekira 1.200 mahasiswanya yang bermukim di kawasan Yogyakarta dan Solo. "Jika situasi Merapi makin parah, maka Pemerintah Timor Leste segera mengevakuasi mahasiswa dari wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah," katanya.

Antonio Ramos menambahkan, PM Xanana atas nama pemerintah dan rakyat Timor Leste menyampaikan rasa dukanya yang mendalam atas musibah bencana alam yang terjadi di beberapa daerah Indonesia.
(*)

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010